Beranda DAERAH UKW Gratis Pemkab Meranti Selesai, 96% Berkompeten, Bupati Meranti Muhammad Adil :...

UKW Gratis Pemkab Meranti Selesai, 96% Berkompeten, Bupati Meranti Muhammad Adil : Jadilah Wartawan Bermartabat

BERBAGI

Buser24jam.com.MERANTI – Perhelatan Uji Kompetensi Wartawan yang di fasilitasi Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Kepulauan Meranti bekerjasama dengan DPC Media Onine Indonesia (MOI) resmi ditutup.

Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil, mengucapkan selamat kepada seluruh wartawan yang berhasil meraih kelulusan pada UKW kali ini.

Bupati berharap, rekan-rekan wartawan yang dinyatakan kompeten, dapat bergandeng tangan bersama-sama dengan pemda dan masyarakat mewujudkan Meranti yang Maju Cerdas dan Bermartabat.

“Atas nama Pemerintah Daerah, saya ucapkan Selamat atas kelulusan rekan-rekan wartawan. Jadilah wartawan bermartabat dan profesional, sajikanlah berita yang terbaik, tidak hanya untuk pemda, tapi juga untuk masyarakat. Pemda akan mengatur regulasi bagi wartawan yang dianggap dapat berkerjasama tentunya dengan kompetensi dan legalitas yang cukup”, harap Adil.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian, Amat Safi’i menyampaikan apresiasi kepada segenap rekan wartawan yang dinyatakan “Kompeten” atau Lulus Ujian Kompetensi Wartawan saat menutup secara resmi kegiatan tersebut di Ballroom Gedung Afifa Selatpanjang, Rabu, (7/12/2022).

BACA JUGA:  Polres Meranti Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2022

“Kami ucapkan selamat dan sukses kepada rekan wartawan yang lulus UKW, mudah-mudahan apa yang di raih ini menjadi sebuah langkah awal yang baik dalam mewujudkan Meranti yang bermartabat”, ungkap Safi’i.

UKW yang berlangsung selama 2 hari tersebut di ikuti 36 peserta dibawah bimbingan tim Penguji Lembaga Sertifikasi Profesi London School of Public Relation (LSPR) Jakarta.

Pengumuman kelulusan disampaikan oleh perwakilan tim penguji saat acara penutupan. Dari 36 peserta yang mengikuti UKW, 33 peserta dinyatakan “Kompeten” atau Lulus, sementara 3 peserta dinyatakan Belum Kompeten.

Dalam sambutan penutupan kegiatan tersebut, Sekretaris DPC MOI Meranti, Edi Hasibuan juga menyampaikan selamat atas hasil rekan-rekan yang dinyatakan Kompeten.

Edi berharap dengan dinyatakan kompeten wartawan lebih bisa menjaga etika dan martabat profesinya.

“Secara pribadi saya bangga, dan selamat untuk kawan-kawan, kedepan beban Kartu UKW yang dipegang akan menjadi tanggung jawab untuk menjaga martabat wartawan itu sendiri,” ucapnya.

BACA JUGA:  Ibadah Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili di Meranti Berjalan Aman

Tidak sampai disini, pria yang akrab disapa Hasibuan ini menekankan wartawan yang dinyatakan kompeten juga harus bersama memantau anggaran untuk jasa karya tulis jurnalistik di Dinas Kominforik Meranti.

“Ini merupakan tolak ukur bahwa kedepan jangan ada lagi wartawan tak jelas mendapatkan kerjasama Advertorial, modal copy paste tulisan rilis pemda, ajukan minta dibayar, yang seharusnya dapat itu wartawan yang menulis dan yang berkompeten. Demi kebaikan, kami harap ada penekanan bahwa wartawan yang dinyatakan kompeten dan memiliki karya tulis yang boleh mendapatkan upah jasa tersebut”, tegasnya lagi.

Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfotik Kabupaten Kepulauan Meranti Dody Hamdani, turut mengucapkan tahniah kepada rekan-rekan wartawan yang dinyatakan kompeten.

Dody juga menegaskan, Dinas Kominfotik kedepan akan berusaha lebih baik dalam pengelolaan kerjasama dengan media.

BACA JUGA:  Mulai Besok Walikota Pangkalpinang Bersama FORKOPIMDA Laksanakan Penyuntikan Vaksin

Hal ini juga sesuai petunjuk Bupati Kepulauan Meranti, yang menginginkan wartawan Meranti memliki karya tulis sendiri dan akan dibayar sesuai aturan.

“Tahniah buat rekan-rekan yang dinyatakan kompeten, Dinas Kominfotik tengah menyusun formula untuk kerjasama, dan itu tidak lepas dari arahan bupati tentunya, saya yakin wartawan yang lulus ini akan menjadi partner terbaik Dinas Kominfotik dalam penyajian berita pemerintah daerah dan masyarakat”, tegas Dody.

Dalam pengumuman penutupan, terpilih satu peserta terbaik UKW yang di fasilitasi oleh Dinas Komintotik dan DPC MOI. Predikat peserta terbaik diberik an kepada Khayril Zumardi.

Khayril berharap dengan terujinya kemampuan rekan-rekan wartawan di kabupaten Kepulauan Meranti. Pemerintah dan stakeholder bisa menjadikan media dan wartawan sebagai teman.

“Uji kompetensi ini sangat berguna bagi kami untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kami sebagai wartawan”, ungkap Khayril.

(Elbi)

Editor. Zam.