Beranda Uncategorized Tumpukan Material Irigasi Ancam Keselamatan Pengguna Jalan Pengendara Sepeda Motor Maupun Kendaraan...

Tumpukan Material Irigasi Ancam Keselamatan Pengguna Jalan Pengendara Sepeda Motor Maupun Kendaraan lainnya

BERBAGI

Buser24Jam-Pangkalpinang Bangka. Tumpukan material pengerjaan pe­ningkatan jaringan irigasi di lintasan jalan sungaiselan, dan sekitarnya berpotensi mengancam keselamatan pengguna jalan baik pengendara sepeda motor maupun mobil apalagi pada malam hari tidak tampak rambu maupun penerangan disekitar lokasi areal penumpukan material proyek.

Dengan kondisi ruas jalan yang sempit dan dimanfaatkan penguna jalan dua arah sementara pada Kondisi jalan lagi adanya tumpukan material tersebut di kanan kiri jalan, tentu saja akan rentan terjadinya kecelakaan,” kata firdaus, salah seorang pengendara yang juga dari Lembaga Perduli Lingkungan Hidup (LPLHI) Selasa (12 /04/2021).

Diakui oleh pekerja bahwa seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas di sekitaran proyek pekerjaan, terutama pengendara sepeda motor kami mengerjakan ini pada bulan Februari 2021 lalu hingga kini pada bagian bagiannya sudah dikerjakan dan juga ada yang belum dikerjakan hal ini disebabkan kendaraan roda dua menghantam gundukan pasir yang di­tumpuk oleh rekanan proyek sedangkan kondisi badan yang sempit dan gelap. Ia mengakui sulitnya menindahkan material ke tempat lain yang diangap aman karena berbagai faktor. Menurutnya, jika tumpukan material proyek irigasi itu tidak dipindahkan ke lokasi yang lebih aman, dikhawatirkan kejadian serupa akan terulang dan merugikan masyarakat, terutama mereka yang menjadi korban.

“ Salah satu warga sekitaran yang tidak jauh dari lokasi kegiatan Irigasi jug menyampaikan kami senang adanya pembagunan seperti yang ada saat ini namun juga ada tidak senangnya kepada mereka yang asal bekerja letakin pasir, batu kebutuhan material mereka kadang sampai bibir jalan. Pernah hal ini terjadi dilokasi lain kecelakan 2 kendaraaan sekaligus jatuh gegara gundukan batu itu tepat di lokasi proyek pengerjaan saluran tersebut. Insiden itu mengakibatkan seorang pengendara kritis dan dilarikan kerumah sakit” ungkapnya. 12/4/2021

Firdaus menambahkan, kontraktor pe­laksana jangan asal menumpukkan material, sebab tumpukan batu, dan pasir memakan bagian jalan sehingga terjadi penyempitan badan jalan.

Dia meminta kepada pihak rekanan se­gera memindahkan material yang menumpuk hingga ke badan jalan, sebelum hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalulintas kembali terjadi. Ditambahkan, kelalaian pihak rekanan dalam melakukan pengerjaan dengan membiarkan tumpukan material hingga ke badan jalan, itu sangat merugikan pengguna jalan. (wiwk)