Beranda FAKTA & PERISTIWA Suntikan Vaksinasi Covid-19 Jenis Sinovac Di Kabupaten Dairi Diawali Oleh Forkopimda

Suntikan Vaksinasi Covid-19 Jenis Sinovac Di Kabupaten Dairi Diawali Oleh Forkopimda

BERBAGI
Suntikan Vaksinasi Covid-19 Jenis Sinovac Di Kabupaten Dairi Diawali Oleh Forkopimda. Foto Dok Istimewa

Buser24jam.com,Dairi (Sumut) – Sebanyak 12 orang dari Forkopimda dan tokoh agama serta tokoh masyarakat di Kabupaten Dairi disuntikkan Vaksin Covid-19 jenis sinovac pada pencanangan vaksinasi yang dilaksanakan di Gedung Balai Budaya,Jalan Sisingamangaraja,Kecamatan Sidikalang,Rabu (03/02/21).

Forkopimda yang disuntik vaksin Covid-19,yakni Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing, Sekda Leonardus Sihotang, Dandim 0206/ Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono,Wakapolres Dairi Kompol David P Silalahi,Kajari Dairi Syahrul Juaksha Subuki, Ketua Pengadilan Negeri Ledis Meriana Bakara,Wakil Ketua DPRD Halvensius Tondang,Romo/Imam Katolik Pastor Kartolo Malau, Ketua MUI Wahlin Munthe,Bishop GKPPD Elson Lingga, Praeses HKBP Sampur Simanullang,Kepala Desa Blang Malum Sehat Hasiholan Hutauruk.

Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan,hari ini Pemkab Dairi melakukan pencanangan Vaksinasi Covid-19 dan ini merupakan kegiatan Nasional yang sudah pernah dilakukan Bapak Presiden RI Joko Widodo dilanjutkan kepada seluruh Gubernur di Indonesia.Sekarang giliran di tingkat Kabupaten melaksanakan pencanangan ini,tujuannya untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa Forkopimda dan tokoh agama,tokoh masyarakat telah melakukan suntik vaksin.

“Setelah ini,tenaga kesehatan kita juga akan disuntik vaksin terdahulu semua,sebelum bersiap-siap untuk menyuntik masyarakat,”kata Eddy.

“Setelah 14 hari akan dilakukan penyuntikan vaksin yang kedua kepada tenaga kesehatan dan Forkopimda serta tokoh-tokoh yang tadi disuntik,” lanjut Eddy.

Dijelaskan Eddy Berutu, proses penyuntikan diatur secara nasional dan berjenjang dari kementerian. Untuk tahapan pertama tenaga kesehatan,tahapan kedua untuk satuan kerja yang melayani dan berhubungan kepada masyarakat seperti TNI-Polri sedangkan tahap ketiga baru untuk masyarakat umum berdasarkan kualifikasi tertentu.
Dalam pelaksanaan vaksinasi ini ada 21 fasilitas kesehatan (Faskes) yang akan bekerja,terdiri dari 18 Puskesmas, satu rumah sakit dan dua klinik milik TNI dan Polri.

“Saya secara random sudah cek ke bawah dan secara umum sudah bagus, namun masih ada satu dua yang harus diperhatikan. Mengapa demikian, karena vaksin ini harus dalam keadaan sempurna dan penyimpanan yang khusus dengan suhu tertentu,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Bupati bersama Forkopimda mengimbau kepada masyarakat,menyiapkan diri dan mental untuk vaksinasi,karena vaksinasi salah satu cara memutus Covid-19 dan menciptakan kekebalan komunal.Walaupun sudah vaksinasi,protokol kesehatan (Prokes) tetap dilaksanakan dengan melaksanakan 5 M,yakni Memakai masker,Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,Menjaga jarak,Menghindari kerumunan dan Membatasi mobilitas/interaksi.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Kabupaten Dairi,Ruspal Simarmata melaporkan,pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap I dilakukan untuk tenaga kesehatan sebanyak 1.157 orang yang tersebar di 21 Faskes,yakni 18 Puskesmas,RSUD Sidikalang Poliklinik Polres Dairi dan Poliklinik TNI.

Vaksin dan logistik yang telah dijemput dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumut pada Jumat (29/01/21) sebanyak 2.360 vial dan vaksin tersebut disimpan di UPT Gudang Farmasi Kabupaten Dairi.Pendistribusian vaksin dan logistik ke Fasilitas Kesehatan akan dilaksanakan pada Kamis (04/02/21).

“Pelaksanaan vaksinasi di 15 kecamatan akan dimulai hari Kamis – Sabtu (04-06/02/21).Jumlah vaksinator yang telah dilatih sebanyak 40 orang dan sedang dilatih sebanyak 54 orang,” terang Ruspal.(Mrs)