Beranda HUKUM & KRIMINAL Subdit V Siber Polda Babel Terima Aduan Fitnah Serta Pencemaran Nama Baik...

Subdit V Siber Polda Babel Terima Aduan Fitnah Serta Pencemaran Nama Baik Partai Demokrat

BERBAGI

Buser24jam – Pangkalpinang Bangka belitung. Melalaui ketua Plt DPD Partai Demokrat Bangka Belitung Ir. Rudi Kadarisman mengikuti arahan DPP Partai demokrat sekjen DPP Partai Demokrat beserta bagian Hukum DPP Partai Demokrat yaitu Meh Bob.

Allhamdulillah kami diterima sangat baik dan direspon oleh petugas Kepolisian Polda Babel Subdit V CIBER dengan baik, yang mana petugas kepolisian menerima pengaduan dari pengurus harian DPD Partai Demokrat Bangka Belitung yang kami wakilkan oleh saudara kami Firman Dyah, S Kom., M.M. Selaku wakil sekretaris I dan Dedi Yuda selaku wakil bendahara DPD Demokrat Bangka Belitung serta beberapa pengurus DPD Demokrat Babel, terhadap wakil Menteri Desa. Pembangunan daerah tertinggal dan tranmigrasi Budi Arie Setiadi (51) atas perbuatan penyebaran kebohongan dan fitnah untuk menimbulkan kebencian pada Partai Demokrat dan mahasisw, serta mencemarkan nama baik pelapor.

Dalam pengaduan tersebut, disertakan bukti berupa tangkapan layar ( sceenshoot) dalam Facebook atas nama Budi Arie Setiadi yang memuat karikatur fitnah tersebut. Postingan yang diunggah pada tanggal 24 Juli 2021 sekira pukul 11.53 wib tersebut membuat kesan seolah olah Partai Demokrat menjadi dalang demo mahasiswa yang tidak terjadi. Sebagai pejabat publik, Wamendes Budi Arie Setiadi seharusnya dapat mengklarifikasikan kepada kader partai Demokrat secara langsung sebelum melakukan memuat konten fitnah dan mencemarkan nama baik ini.

Dengan demikian Wamendes Budi Arie Setiadi melanggar UU no 1/1946 tentang peraturan Hukum Pidana pasal 14 dan 15 dengan ancaman hukuman penjara 10 tahun ; UU no 19/2016 tentang informasi dan transaksi Elektronik pasal 27, 28 dan pasal 45 dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun dan atau denda Rp 750 juta. Laporan pengaduan ini diterima oleh petugas kepolisian Polda Babel Subdit V Siber oleh Bripda Robertus manula, 2/8/2021.

Sejauh ini Wamendes Budi Arie Setiadi masih tidak menghapus posting fitnah tersebut dan menolak menjelaskan mengapa
Ia justru menyebarluaskan fitnah, padahal dalam lingkup tugas pokok dan fungsinya sebagai wakil Menteri Desa Daerah Tertinggal dan transmigrasi, budi Arie Setiadi masih mempunyai setumpuk pekerjaan yang belum selesai. Saat ini Pandemi Covid-19 menyebar luas di pedesaan dan merenggut banyak nyawa, angka putus sekolah siswa di desa-desa meningkat akibat tidak mampu mengikuti pembelajaran jarak jauh serta ekonomi pedesaan amruk sejak pandemi dimulai Maret 2020 yang lalu pungkasnya. ( FR/F16 )