Beranda DAERAH Sosialisasi dan Fasilitasi Indikasi Geogerafis Kopi Arabika Simsim Pakpak Bharat

Sosialisasi dan Fasilitasi Indikasi Geogerafis Kopi Arabika Simsim Pakpak Bharat

BERBAGI

Buser24jam.com Pakpak Bharat Sumut.
Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat bersama Kementerian Pariwisata, ekonomi Kreatif RI, dan Kementerian Hukum dan HAM RI hari ini menyelenggarakan Sosialisasi dan Fasilitasi Indikasi Geogerafis Kopi Arabika Simsim Pakpak Bharat (20/04/2022). Acara yang dihelat di Aula Bale Sada Arih ini dihadiri langsung oleh Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, Wakil Bupati, H.Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Sosialisasi ini diselenggarakan untuk memberikan sebuah perlindungan hukum bagi kopi arabika simsim Pakpak Bharat, menjamin kualitas produk Indikasi Geogerafis, menaikkan reputasi kawasan penghasil produk IG, menghindari persaingan curang dan penyalahgunaan produk IG, dan sejumlah manfaat lainnya.

Ir.Robinson Hasoloan Sinaga, SH, L.LM, Direktur Pengembangan Kekayaan Intelektual Industri Kreatif, Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif RI menjelaskan beberapa tentang upaya perlindungan produk-produk Indikasi Geogerafis di tanah air. Sebuah upaya perlindungan bagi kopi arabika Simsim Pakpak Bharat, agar terdaftar sebagai produk Indikasi Geogerafis di kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia RI.

BACA JUGA:  Dr Eddy Keleng Ate Berutu Menghadiri Pendidikan Politik, Konsolidasi Dan Kaderisasi Partai Golongak Karya Sumatera Utara

Kami dari kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif datang kemari dan tentunya punya fasilitas, jadi kehadiran kami disini adalah untuk memberikan fasilitas kopi arabika Simsim Pakpak Bharat, baik berupa perlindungan hukum, jaminan kualitas, dan juga persaingan produk serta beberapa hal lainnya,ucap Robinson Sinaga menjelaskan.

Kegiatan ini adalah kegiatan kolaborasi antara kementerian Hukum dan HAM RI dengan kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI,

Kita harapkan nntinya kita harus punya dua sertifikat yakni kopi dan gambir sebagi produk IG Pakpak Bharat. Kami menyediakan dukungan penuh kepada Pakpak Bharat, mulai dari uji tanah sampai uji produknya, kita siapkan semua fasilitas dan anggarannya, kedepan akan kita bantu terus sampai pada pemasarannya nanti, kita juga akan bantu para petani gambir dan kopi disini, intinya kami siap mendukung Pakpak Bharat, khususnya petani kopi dan gambirnya, terang Robinson Sinaga kemudian.

BACA JUGA:  Pelaku Curat Berinisial Za Alias Nanang Diciduk Tim Gabungan Polda Babel

Sosialisasi ini juga dirangkaikan dengan Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Masyarakat Peduli Indikasi Geogerafis Kopi Arabika Simsim Pakpak Bharat periode 2022-2027.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor dalam acara ini menyampaikan beberapa pesan dan harapannya bagi kebangkitan petani kopi di Pakpak Bharat.

Dengan adanya pengukuhan ini kiranya dapat membantu mengembangkan kualitas kopi arabika yang ada disini, saya memiliki keyakinan bahwa masyarakat perlindungan kopi arabika ini dapat melahirkan para petani kopi yg mampu bersaing sampai pada level internasional, dan mampu membawa kesejahteraan bagi kita semua khususnya para petani kopi di Pakpak Bharat, saya berharap bahwa organisasi ini dapat menjadi wadah masyarakat dalam berbagai kebutuhan, penguasaan teknologi, permodalan dan pasar kopi, pesan Bupati dalam acara ini.
(Team)

BACA JUGA:  Polda Sumsel Jadikan Wisma Grand Kemala di Kompleks Pakri Shelter Karantina