Beranda FAKTA & PERISTIWA Sosialiasi Wanra, Cakup Penghimpunan, Penyusunan dan Inventarisasi Data Perlawanan Wilayah

Sosialiasi Wanra, Cakup Penghimpunan, Penyusunan dan Inventarisasi Data Perlawanan Wilayah

BERBAGI

Buser24jam.com,Kota Malang,- Untuk mendapatkan data teritorial yang lebih valid dan akuntabel, terlebih di bidang perlawanan wilayah, sosialisasi
menghimpun, menyusun dan menginvetarisasi data perlawanan wilayah sangat penting untuk digelar.

Beberapa Perwira di jajaran dilibatkan dalam sosialiasi itu, khususnya para Perwira terotirial dan Bintara Teritorial.
Seperti yang digelar di Makorem 083/Baladhika Jaya pada Senin, 29 Maret 2021 siang.

Kepala Penerangan Korem, Mayor Inf Prasetya, H. K, menjelaskan jika program bidang teritorial, khususnya terkait pembinaan perlawanan wilayah yang digelar saat ini dilakukan secara terukur dan terencana.

“Dengan harapan, bisa menjamin tersusunnya data di wilayah yang mencakup data rencana tata ruang dan tata wilayah ata RT RW,” jelasnya.Tema yang diusung dalam sosialiasi kali ini, menurutnya sangat relevan.

Pasalnya, pengoptimalan data yang kualitas dan uptodate dapat mendukung adanya pelaksanaan kegiatan itu.

“Validitas data memiliki peran penting dalam menentukan langkah-langkah pembinaan guna mensukseskan pelaksanaan tugas pokok,” ujarnya.

Beberapa hal menjadi cakupan dalam inventarisasi data itu, diantaranya data geografi, demografi, konsos, sumber daya alam dan buatan guna menentukan daerah strategis untuk digunakan sebagai daerah tempur.

“Tapi, keberhasilan semua program itu tak lepas dari adanya peran Bintara Pembina Desa (Babinsa, red) sebagai ujung tombak kewilayahan.

Sebab, metode binter itu harus bisa dilakukan dengan baik, terutama bersama komponen yang berada di wilayah binaannya,” tuturnya.(Redaksi)