Beranda HEADLINE Selamatkan Penumpang Saat Kepanikan diatas KMP Gunsa 8

Selamatkan Penumpang Saat Kepanikan diatas KMP Gunsa 8

BERBAGI

Buser24jam- Muntok Bangka barat. Terbakarnya KMP Gunsa 8 pada bagian mesin kapal membuat kepanikan penumpang diatas kapal. Sebanyak 86 penumpak dalam kepanikan saat luapan asap tebal menyelimuti pandangan mata dalam kapal saat berlayar disekitar perairan banyuasin selat bangka pada koordinat : 2°10’41.00″ S- 104°58″28.00 E

Upaya penyelamatan diri diatas kapal diinstruksikan oleh Anak Buah Kapal (ABK) agar menggunakan jaket pelampung dan mengikuti intruksi dari pihak ABK sesambil menjaga diri masing masing sesambil menunggu bantuan pertolongan lain. Sementara kepanikan diantara penumpang terus menggeru teriak demi teriakan satu sama lainnya, ABK pun sibuk dengan mengupayakan pemadaman dari sumber api debgan menggunakan alat pemadam kebakaran yang telah tersdia di atas kapal. Penumpang diarah untuk ke bagian deck atas untuk mendapatkan tempat yang lebih aman.

Komunikasi melaui radio terus dilakukan oleh ABK KMP Gunsa 8 untuk mendapatkan pertolongan. Hingga pancaran radio tersambung oleh Tugbout Likundi yang sangat kebetulan berada tidak terlalu jauh dari lokasi KMP Gunsa 8 hingga mendapatkan bantuan dari kapal tersebut. Dengan evakuasi dilakukan serta penyelamatan penyemprotan melalui TB likundi terhadap sumber api dari kapal KMP Gunsa 8.

Bantuanpun tiba diantaranya KMP Mutis yang ditadangkan dari Tanjung kalian untuk mengevakuasi Penumpang diatas KMP Gunsa 8 dengan perencanaan penumpang dibawak kembali ke pelabuhan Tanjungkalian muntok untuk mendapatkan pelayanan dan pendataan kembali oleh petugas medis maupun intansi terkait, sementara KMP Gunsa lego jangkar untuk terus dilakukan pemadaman sumber api.

Petugas terkait bersama Basarnas prov kep babel yang stanbay di pelabuhan tanjungkalian mempersiapkan upaya penyelamatan dam pelayanan terhadap korban musibah kebakaran kapal.

Hingga berita ini dipublikasikan awak media berupaya mengkuti perkembangan dari evakuasi penumpang dalam pelayanan 12/7/2021( Fr)