Beranda HUKUM & KRIMINAL Polres Batu Bara Ungkap Kasus Perdagangan Manusia

Polres Batu Bara Ungkap Kasus Perdagangan Manusia

BERBAGI

Batu Bara,Buser24jam.com – Polres Batu Bara Gelar Presa Release tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang atau Penyelundupan Manusia dan Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan dan atau Pertolongan Jahat (Tadah) yang dipimpin langsung oleh Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis SH., MH, bertempat di Depan Mako Satreskrim Polres Batu Bara, Selasa (27/04/2021) sekira pukul 13:00 Wib s/d Selesai.

Informasi yang diperoleh dalam kegiatan press release tersebut, digelar Perkara ada dua (2) Kasus yang dimana pada release I yakni : Bermula dari informasi warga pada hari Minggu tanggal 25 April 2021 sekitar pukul 00.30 wib, melaporkan tentang adanya orang akan dibawa ke negara Malaysia dari tangkahan Pematang Polong Dusun Vlll Desa Gambus Laut Kec. Lima Puluh Pesisir Kab. Batu Bara, Pada hari Minggu Tanggal 25 April 2021 sekitar Pukul 01.00 wib, Pelapor bersama anggota lainnya menuju ke lokasi yang dimaksud, dan setibanya dilokasi tersebut pelapor menemukan 29 (dua sembilan) orang berkumpul diatas perahu papan di lokasi tersebut dan mengaku akan berangkat ke negara Malaysia dengan mengunakan perahu. Setelah diperiksa seluruh orang yang akan berangkat ke Malaysia tersebut tidak memiliki dokumen/izin ke luar negeri dari kantor imigrasi.

Adapun para Tersangka yang diamankan petugas :”SB (52) Warga Tanjung Balai (Berperan sebagai pemilik kapal dan mengatur perjalanan, RB (42) Warga Tanjung Balai (berperan sebagai pengantar para penumpang kelokasi keberangkatan), AR (42) Warga Desa Gambus Laut (berperan sebagai pengawas/pengamanan lokasi pemberangkatan, MH (26) Warga Tanjung Balai (berperan sebagai awak Kapal), RA (27) warga kisaran (berperan sebagai pengurus penumpang).

“Adapun Barang Bukti yang diamankan dari para tersangka :”1 (Satu) unit Perahu mesin berbahan kayu dengan panjang sekitar 16 (enam belas) meter berwarna Hitam-Merah, 1 (satu) buah paspor An. EMAH, 26 (dua enam) buah KTP, 17 (tujuh belas) unit HP”.

Pasal yang dipersangkakan kepada para tersangka yakni :”Pasal 2, Pasal 10 dan Pasal 11 dari UU RI Nomor 21 Tahun 2007 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang atau pasal 120 ayat (1) dan ayat (1) UU Rp Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian Jo Pasal 55 dari KUHPidana”.

Pada Release ll, petugas juga mengungkap kasus yang Pada hari Kamis tanggal 22 April 2021, sekitar pukul 01.13 wib, di Jln Akses Pelabuhan No.01 desa Kuala lndah kec. Sei Suka kab. Batu Bara.

“Adapun para tersangka yang diamankan petugas adalah :”Alboin Nainggolan (22) warga dusun l Padang serunai desa Kuala indah kec. Sei suka kab. Batu bara, Riski Tampubolon (18) warga dusun l Padang serunai desa Kuala lndah kec. sei Suka Kab. Batu Bara, Lamhot Sinaga, (38) warga Dusun lll desa Alay Kuala Tanjung kec. Sei suka Kab. Batu Bara

“Adapun Barang Bukti yang diamankan petugas :”1 (Satu) buah kabel berwarna Hitam panjang 50 Cm dan lebar kabel ukuran kabel 4 Cm, 1 (satu) buah kabel berwarna Hitam panjang 27 Cm dan lebar kabel ukuran kabel 1,5 cm.

Pasal -pasal yang disangkakan kepada para tersangka yakni :”Pasal 363 ayat (2) KUH Pidana, dengan ancaman hukuman pidana 9 Tahun penjara dan pasal 480 KUHPidana dengan ancaman hukuman pidana 4 Tahun Penjara”.

(Nando Sagala)