Beranda SOSIAL BUDAYA Pemkab Karo, “Pilih Kasih” Terhadap Wartawan Yang Ikut Pelatihan Jurnalis dan UKW

Pemkab Karo, “Pilih Kasih” Terhadap Wartawan Yang Ikut Pelatihan Jurnalis dan UKW

BERBAGI

Buser24jam.com, Karo: Pelatihan Jurnalis Yang diselenggarakan Pada kamis 2_3 Desember 2020 di hotel Grand Orri Brastagi, memicu pro kontra dari Sebagian wartawan yang namanya tidak ada terdaftar pada pelatihan tersebut beberapa wartawan merasa kecewa terhadap panitia pelaksana Dan Memutuskan Konfirmasi Langsung dengan Kabag Humas Pemda Karo Leo Surbakti pada senin ( 30/11/2020) di ruang kantor Humas Pemda Karo.

Beberapa pertanyaan yang dikonfirmasi wartawan, Kenapa banyak tidak Ikut sebagai peserta pelatihan wartawan? Leo menjawab syarat pertama harus memberikan surat tugas sebagai wartawan bertugas di Tanah Karo, namun ditanya apakah seluruh wartawan yang ikut pelatihan tersebut semua sudah ada surat tugasnya di humas? mudah mudahan sudah ada jawabnya dengan ragu ragu, ,..Namun seperti beberapa wartawan yang 10 (sudah sepuluh) tahun medianya terdaftar di Kantor Humas tidak ikut pelatihan jurnalis,. Ada apa dengan humas ? tapi Leo menjawap harus ada surat tugas, ..Nah’ disini lah yang membuat kita tambah bingung, karena katanya surat tugas harus masuk awal tahun ! Apakah setiap tahun harus mengantar Surat tugas ? atau mungkin humas pilih kasih, menentukan jadi peserta dengan Like and Dislike?

Mengingat pelatihan jurnalis dan ujian UKW Ini dananya di anggarkan oleh Pemda Karo melalui humas Dengan jumlah yang di anggarkan Rp.200 juta (Dua ratus juta rupiah) dana tersebut di gabungkan dengan anggaran dana Ujian KompentensI Wartawan (UKW) yang sudah dua kali perpanjangan waktu pendaftaran, karena peminat masih sedikit dan akan dilaksanakan setelah selesai pelatihan jurnalistik, katanya.

Namun yang ikut pelatihan 42 Orang itupun yang cepat memberikan surat tugas sementara pengumuman/informasi untuk itu tidak ada sampai ke tangan kami kata beberapa wartawan yang merasa dirinya tidak Ikut dalam pelatihan Jurnalis tersebut.

Leo menambahkan, ada pun jumlah peserta yang sudah ditetapkan oleh Humas protokol adalah
UKW 36 orang dan pelatihan jurnalis 42 Orang, sebagai panitia pelaksanaan humas pemda dan PWI Kab. Sebagai Penangung Jawab adalah Sekda Karo.

Yang menentukan sebagai peserta adalah humas sendiri, dengan kretaria ada rilis berita tentang Pemkap Karo tapi kalau tidak ada surat tugas diantar pada awal tahun tidak kami masukkan juga dan Leo mengakui ada juga tidak mendaftar jadi peserta UKW tapi kami masukkan jadi peserta dan sudah kami tentukan sebagai peserta pelatihan jurnalistik sebelum UKW yang akan diadakan pada tgl.3 ,4 desember 2020, bertempat di hotel Grend orri Berastagi
dengan nara sumber yang kita sediakan dan di anggarkan oleh APBD Karo.

Jika kawan2 media yang lain mau ikut pelatihan silakan datang tapi akomudasi dan makan tidak kita tanggung,,ujar leo.

Pihak humas siap memberikan informasi tentang anggaran untuk penyelenggaran kedua acara tersebut.

Nur Kennan Tarigan