Beranda NASIONAL Pemerintah Kabupaten Dairi Dan PT. Bank Mestika Dharma Tbk Menindak Lanjuti Penandatanganan...

Pemerintah Kabupaten Dairi Dan PT. Bank Mestika Dharma Tbk Menindak Lanjuti Penandatanganan Kesepahaman

BERBAGI

Buser24jam.com, Sidikalang (Sumut) – Menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Dairi dan PT. Bank Mestika Dharma Tbk yang dilaksanakan pada, Senin (30/08) lalu, hari ini Senin, (06/09/2021) Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu secara resmi membuka Program Inkubasi Bisnis UKM secara virtual bersama Presiden Direktur PT. Bank Mestika Dharma Tbk , Achmad Kartasamita dan Founder dan CEO Estubizi Network, Benyamin Ruslan Naba dari ruang rapat Bupati yang turut dihadiri para UKM.

Pembukaan program ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pelatihan kepada para pelaku UKM di Kabupaten Dairi, yang dikemas dalam kegiatan acara “Inkubasi Bisnis UKM Pemkab Dairi bersama Bank Mestika”,

Dalam arahannya Bupati Dr. Eddy Keleng Ate Berutu memyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PT. Bank Mestika Dharma Tbk, yang bersedia menopang keinginan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk memperkuat usaha pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Dairi.

“Ini sudah lama kami rencanakan bahkan sebelum pandemi melanda. Kami berharap para pelaku usaha yang terpilih dapat memanfaatkan kesempatan ditengah masa sulit karena pandemi saat ini. Biarkan dirimu diasah, diasuh dan dibina oleh mentor-mentor berpengalaman, praktisi profesional dalam melanjutkan cita- cita kita menjadi UMKM yang tangguh, sehat dan berdaya saing,” kata Eddy.

Dijelaskan Eddy, persaingan usaha saat ini tidak dipengaruhi karena besar kecilnya sebuah perusahaan namun juga karena perusahaan atau usaha tersebut mampu adaptif dan kecepatan dalam menangkap peluang.

“Kita sudah masuk dalam platform digital sebagai upaya memanfaatkan teknologi agar mampu berdaya saing dengan produsen besar asalkan produk kita unik. Pemkab Dairi akan berusaha mendorong UMKM terkhusus yang memproduksi produk unggulan untuk mampu berdaya saing dengan memanfaatkan platform digital dan lokapasar dalam memasarkan produknya,” tegasnya

“Skema pemasaran yang dilakukan adalah B2B dan B2C. Dan untuk mendorong tumbuhnya pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran produk UMKM Kabupaten Dairi, Pemerintah telah mengembangkan dan menyediakan satu lokapasar yaitu visitdairi.com. Ini menjadi media promosi dan pemasaran produk unggulan Kabupaten Dairi. Mari manfaatkan platform ini. Harapan saya semoga Bank Mestika semakin besar dan tetap berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” tambah Eddy.

Sementara itu Presiden Direktur PT. Bank Mestika Dharma Tbk , Achmad Kartasamita menegaskan program ini adalah hasil pembicaraannya bersama dengan Bupati Dairi untuk membangkitkan motivasi berbisnis yang penuh inovasi dan dapat survive ditengah hantaman dunia digital.

“Bagi kami dari sisi perbankan akan sangat senang mendapat nasabah dari dunia UMKM. Kami turut mensuport andai kata dibutuhkan dalam segi pendanaan. Saat ini Perusahaan Online banyak mendapat support dari perbankan untuk tumbuh lebih maju. Ini yang dilihat perbankan dan otoritas jasa keuangan dalam mendukung pengembangan UMKM,” terang Achmad.

“Semoga teman yang hadir tidak mensia-siakan pelatihan yang akan kita selenggarakan.Manfaatkan pelatihan ini, banyaklah bertanya dari para mentor agar mampu menjalankan usahanya semakin lebih baik agar kita bisa jumpai UMKM yang tangguh dan mampu bersaing,” tambahnya.

Sebelumnya CEO Estubizi Network, Benyamin Ruslan Nabar menjelaskan harapannya agar para pelaku UMKM dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini. Semoga setelah program ini usahanya makin bertumbuh semakin baik.

“Kami sebagai mentor memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Ini adalah program yang sudah lama sekali ditunggu oleh kami dan pak Bupati agar UMKM masuk dalam dunia digital sebagaimana diinginkan oleh Bapak Bupati. Apa yang akan kita kerjakan dalam inkubasi bisnis ini semoga dapat membuat bisnis rekan-rekan semakin baik untuk Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh”, tutur Benyamin.

Perlu diinformasikan, pendampingan bagi 30 pelaku UMKM di Kabupaten Dairi dalam rangka mempersiapkan UMKM agar memiliki kapabilitas yang kuat ini terdiri dari tahap teaching, mentoring dan monitoring dari para enterpreneur yang berpengalaman.

Sedangkan pesertanya adalah hasil seleksi yang dilakukan oleh Dinas terkait yang terdiri dari Koperasi, Perorangan, Bumdes, pelaku usaha yang bergerak dalam bidang Pertanian, Kuliner, Perhotelan, Kesehatan dan usaha perdagangan.(®)