Beranda Uncategorized Pembukaan MTQ Ke 46 Kabupaten Dairi : Dibuka Oleh Sekda Mewakili Bupati...

Pembukaan MTQ Ke 46 Kabupaten Dairi : Dibuka Oleh Sekda Mewakili Bupati Dairi

BERBAGI

Buser24jam.com, Sidikalang (Sumut) – Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu membuka penyelenggaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 46 tingkat Kabupaten yang diwakili Sekda Dairi Leonardus Sihotang, bersama unsur Forkopimda Dairi yang berlangsung di Gedung Balai Budaya Sidikalang, Selasa (23/3/21).

Pembukaan MTQ itu ditandai pemukulan bedug oleh Leonardus Sihotang diikuti pemukulan gendang rebana oleh Kapolres AKBP Ferio Ginting, Dandim 0206/D Letkol Arm Adetya Yuni Nurtono, Kajari Syahrul JS, Ketua DPRD Sabam Sibarani, Karutan Japaham Sinaga, Ketua MUI Wahlen Munthe, Ketua Forkala R Ardin Ujung, dan dihadiri seluruh camat se Kabupaten Dairi dan Dirut PD Pasar Sidikalang Jhon Toni Sidabutar.

Eddy Kelleng Ate Berutu dalam smbutannya yang dibacakan Sekda Leonardus Sihotang menyebutkan, MTQ merupakan kegiatan yang sudah mentradisi dan hakekat melekat dalam kultur masyarakat bangsa Indonesia, yang memiliki ruang tersendiri dalam bermasyarakat serta terbukti menjadi daya dorong pembangunan daerah.

“Selain itu, MTQ selaku forum silatuhrahim mengandung nilai-nilai positif untuk memperkuat rasa persaudaraan lintas agama, etnis dan masyarakat Dairi,” sebut Leonardus.

Oleh karena itu, melalui pelaksanaan MTQ ini, Al Qur’an semakin diharapkan dapat menjadi petunjuk pedoman pola hidup umat manusia secara positif terutama pedoman peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Ketua panitia Kamidun Solin didampingi Sekretaris M Syahputra mengatakan, MTQ di Dairi berlangsung selama tiga hari dan diwarnai beragam jenis kegiatan perlombaan yang dilaksanakan di lokasi mimbar utama MTQ Dairi, di Desa Bintang Marsada Sidikalang.

Nantinya, para peserta yang juara menjadi perwakilan Kabupaten Dairi di pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara nantinnya.(Mrs)