Beranda EKONOMI Pelabuhan Sungaiselan Hadapi Pendangkalan, Berpotensi Penurunan Aktifitas Bongkar Muat

Pelabuhan Sungaiselan Hadapi Pendangkalan, Berpotensi Penurunan Aktifitas Bongkar Muat

BERBAGI

Buser24jam- Sungaiselan Bangka.
Aktifitas kegiatan bongkar muat di pelabuhan sungaiselan butuh perhatian oleh pemerintah daerah. Pelabuhan sungaiselan yang juga di kenal sebagai pelabuhan rakyat dengan aktifitas dari kapal pelayaran rakyat ( Perla ) dilakukan bongkar muat Tenaga Kerja oleh masyarakat dilingkungan sekitar.

Tidak dipungkiri peran Pelayaran Rakyat (Pelra) sangat bearti di wilayah bangka belitung dilihat pasokan barang dari kapal Perla saat bertambat di dermaga sungaiselan dalam kesibukannya pun melibatkan buruh angkut untuk bongkar muat dari kapal ke truck yang akan menghantar ke gudang.

Berbagai ukuran kapal Perla hadir di Pelabuhan sungaiselan seperti ukuran 20-200 GT ambil bagian angkutan barang barang pasokan kebutuhan untuk wilayah, mencerminkan ada peran penting dari upaya rakyat terus mempertahankan budaya tradisional dengan mengunakan Pelayaran rakyat berkontruksi kayu berkreasi mandiri.

Hadirnya Perla merupakan bagian dari sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan keterbukaan lapangan pekerjaan seperti dipelabuhan Sungaiselan memiliki sumber pendapatan KUPT Dishub dari berasal dari kegiatan Tambat serta kegiatan lainnya. Berbagai kebutuhan yang dibongkar dari kapal ke truck diantaranya barang kelontongan dan juga pupuk serta lainnya, semua menggunakan Tenaga Kerja Bongkar Muat(TKBM) kondisi pelabuhan yang baik menjadikan kenyamanan buruh menjalankan aktifitas bongkar muat.

Seiring waktu pelabuhan sungaiselan mengalami penurunan aktifitas kegiatan bukan karena kebutuhan bagi kapal yang biasa masuk kini mengurangi muatannya hal ini diakibatkan pendangkalan pada alur perairannya hingga di dalam kolam pelabuhan.

Menurut keterangan dari berbagai nakhoda yang menyinggahi pelabuhan sungaiselan adanya hambatan terutama permasalah alur memasuki sungaiselan mulai dari ambang luar hingga memasuki alur pelabuhan sungaiselan pada waktu tertentu kami harus lama menungu di depan muara hingga menunggu air menjelang pasang baru kami bisa masuk alur sungai itu juga muatan yang biasa kami bawak dikapal sudah dikurangi dipepabuhan muat sebelumnnya hal ini dikarenakan alur sungai sudah dangkal ujarnya.6/7/2021 (Fr)