Beranda FAKTA & PERISTIWA Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Gading Pulau lepar Dapatkan Alokasi Khusus

Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Gading Pulau lepar Dapatkan Alokasi Khusus

BERBAGI

Buser24 Jam- Lepar Pongok Bangka selatan. Pelabuhan penyeberangan berada di Pulau lepar merupakan pelabuhan aset milik Pemerintah Bangka Selatan yang menjadi lirikan sebagai akses penyeberangan transportasi laut mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah kabupaten maupun pemerintah Provinsi yang akan dikembangankan sebagai pintu gerbang ekonomi di kecamatan lepar pongok kabupaten bangka selatan.

Kepala Bidang kepelabuhan Dinas perhubungan Bangka selatan Flendra mengatakan bahwa pelabuhan tanjung Gading itu milik pemerintah Kabupaten bangka selatan dengan luas lahan 2 Ha dan dermaga di bangun tahun 2013 sedangkan kantornya di bangun pada tahun 2014 lalu sementara kalau jalan akses dari desa hingga ke pelabuhan dengan panjang 2 km itu pemerintah bangka selatan belum melakukan pembebasan lahan buat jalan, tetapi jalan exsisting tersebut pernah kami melakukan konfirmasi bahwa awal pembukaan jalan itu pak suhermanto, beliau kala itu sebagai kades.

Disaat Pemkab Basel membangun pelabuhan di Tanjung Gading di kecamatan Lepar Pongok kabupaten Bangka Selatan, awalnya pembangunan Dermaga tahun 2013 selanjutnya pembangunan kantor Perhubungan diareal pelabuhan pada tahun 2014 beliau ( Pak Suhermanto) kala itu tidak berkeberatan bahkan mendukung penuh jika nanti adanya pengembangan pelabuhan menggunakan akses jalan tersebut yang waktu itu jalannya ukuran kecil sekedar jalan menuju kebun dan suatu saat jalannya diaspal oleh pemerintah dijadikan akses umum untuk pembangunan dipulau.

FLendra menjelaskan kembali bahwa tanah disekitar itu menurut keterangan yang kami dapat bahwa sebagian besar 70% milik desa dan sisanya di bagian lain itu milik pak suhermanto mantan kades. Pada intinya pak suhermanto setuju serta mendukung adanya pembangunan pelabuhan di desa penutuk.

Penyampain Flendrapun yang keterbukaan dengan menyampaikan pula pada titik awal perencanaan pembangunan pelabuhan di tanjung gading di tahun 2021 ini Pemerintah Kabupaten mendapatkan dana alokasi khusus untuk pembangunan sektor kepelabuhanan dermaga penyeberangan yang terrealisasi pada tahun 2021 ini dan tegantung pelaksanaannya, kalau anggarannya sudah ada saat ini di kas daerah (Kasda) dan ini semua sudah disetujui.

Berkaitan dengan pembangunan pengembangan pelabuhan tanjung gading di Pulau lepar dengan bertujuan pemerintah bangka selatan membantu Investor yang ada di pulau lepar dan sekitarnya seperti PT SNS ataupun nanti perusahaan lainnya. Kamipun sedikit banyak menggunakan data pt SNS sebagai acuan studi kepelabuhanan dalam perencanaan pengembangan pelabuhan. 21/3/2021 (Fr/Eduar)