Beranda HEADLINE Moeldoko Ingatkan Dana Desa Harus Akomodir Kebutuhan Warga, Bukan untuk Kepala Desa

Moeldoko Ingatkan Dana Desa Harus Akomodir Kebutuhan Warga, Bukan untuk Kepala Desa

BERBAGI

JAKARTA,(Buser24jam.com) – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, menegaskan, kalau pengelolaan Dana Desa oleh para Kepala Desa, harus bisa mengakomodir kebutuhan dari warga. Bukan sebaliknya yang justru hanya akomodir kebutuhan kepala desa.

Mantan Panglima TNI itu juga meminta agar pengelolaan dana desa dilakukan secara transparan dan partisipatif. Serta distribusinya harus tepat sasaran guna menjawab kebutuhan masyarakat.

“Penggunaannya harus terbuka dan mengakomodasi kebutuhan warga, bukan keinginan kepala desanya,” kata Moeldoko dalam telekonferensi di Jakarta, yang dilansir cnnindonesia.

Moeldoko menyebut pengelolaan dana desa kerap terhambat sumber daya manusia (SDM). Kepala desa harus mampu menjadi motivator, fasilitator, dan mobilisator.

“Agar penggunaan dana desa tepat guna, terutama di saat menghadapi dampak-dampak pandemi covid-19,” ujar dia.

Hal itu disampaikanya mengutip arahan Presiden Jokowi, yang menyebut desa sebagai entitas terdepan pembangunan dan ketahanan nasional. Desa berperan penting memulihkan kesehatan maupun ekonomi nasional.

Selain itu, Moeldoko mendorong kepala desa untuk lebih peka terhadap potensi wilayahnya. Potensi harus dikembang, supaya memiliki nilai jual di pasar dunia. Dengan demikian, harapan mewujudkan desa makmur dan juga berkeadilan bisa direalisasikan,” paparnya.**(Yuli)