Beranda SOSIAL BUDAYA Menteri Agama akan Launcing Desa Kerukunan di Kabupaten Polman

Menteri Agama akan Launcing Desa Kerukunan di Kabupaten Polman

BERBAGI

Buser24jam. com, Kota Mamuju (Sulbar)-Kantor Wilayah Kementerian Àgama Provinsi Sulbar pada Juni 2021 akan mengundang Menteri Agama untuk berkunjung ke Sulawesi Barat.

Hal itu dikatakan, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulbar, DR.H.M Muflih B Fattah,MM kepada Buser24jam.com, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (25/5/2021).

“Mudah-mudahan Covid-19 di Sulbar masih bisa terkendali, berarti yang kami harapkan di Sulbar masih tetap berada di zona hijau, sehingga kita ingin mendatangkan Bapak Menteri Agama di Sulbar sekaligus membuka kegiatan perkemahan pemuda lintas agama se Sulbar yang akan ditempatkan di Kabupaten Polewali Mandar,” kata Muflih B Fattah.

Menurutnya, Menteri Agama akan membuka kegiatan sekaligus melaunching desa kerukunan yang ada di Polman, karena menteri mengharapkan 2022 itu sebagai tahun kerukunan untuk Indonesia.

“Jadi kami dari Kementerian Agama Sulbar dan jajarannya diharapkan dukungannya dan memberi support, juga diharapkan dengan upaya bagaimana supaya moderasi beragama ini berjalan, kami tidak mau ada muncul radikal-radikal atau munculnya aliran extreme kiri atau extreme kanan,” ungkapnya.

Lanjut kata Muflih B Fattah, dalam mengawal Indonesia diharapkan agar tetap selalu damai, nyaman dan harmoni semuanya.

“Untuk kegiatan perkemahan pemuda lintas agama akan berlansung selama tiga hari, tepatnya di Kecamatan Matanga Polewali Mandar dan peserta kegiatan perkemahan akan diikuti oleh seluruh umat beragama yang ada di Sulbar yang nantinya peserta di dalam kegiatan akan diberikan pencerahan bagaimana membangun moderasi umat beragama di Sulbar yang saling cinta mencintai, kasih mengasihi sehingga tercipta kerukunan harmonisasi,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut, nantinya pemuda lintas agama akan menyampaikan pentingnya protokol kesehatan seperti 5 M dan 3 T.

“Tetap harus selalu di kawal, karena Covid-19 ini belum berakhir jadi harus cuci tangan pada tempat yang telah disediakan,wajib pakai masker,” tandas Muflih B Fattah.

Untuk diketahui, kegiatan perkemahan pemuda lintas agama ini baru pertama kali akan diadakan di Provinsi Sulbar.

“Untuk desa kerukunanan di Sulbar pada saat ini berada di Kabupaten Mamuju Tengah dan kemarin mendapatkan Harmoni Award dari Kementerian Agama sebagai provinsi yang rukun damai, harmoni diantara pemeluk agama, kami telah melakukan audence Bapak Menteri Agama dan beliau sangat merespon. Kami telah berkoordinasi dengan Pemkab Polman dan sangat merespon sebagai tuan rumah untuk kegiatan, perkemahan pemuda lintas agama dan bapak gubernur beserta seluruh stake houlder sangat mendukung akan terlaksananya kegiatan pemuda lintas agama dan terakhir harapan kami terhadap tokoh- tokoh agama di Sulbar agar tetap selalu menjaga dan meneràpkan protokol kesehatan pada kegiatan ritual agama, agar supaya tidak muncul klaster-klaster baru,” kunci Muflih B Fattah.(Wan/Fatih)

Editor:AS