Beranda NASIONAL Menparekaf RI Sandiaga Salahuddin Uno Berkunjung Ke Kabupaten Dairi

Menparekaf RI Sandiaga Salahuddin Uno Berkunjung Ke Kabupaten Dairi

BERBAGI

Buser24jam.com, Dairi (Sumut) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno kunjungan kerja ke Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Jumat (19/02/21)

Dalam kunjungannya Manparekraf RI, memuji keindahan alam Taman Wisata Iman (TWI) yang berada di perbukitan Kecamatan Sitinjo. Disebutnya selain indah lokasi TWI juga romantis dan serasa di Luar Negri.

“Melihat keindahan alamnya kita serasa di luar negeri, padahal sebetulnya kita berada di Kabupaten Dairi,” kata Sandiaga.

Pantauan dilapangan, setibanya di TWI Sitinjo, Manparekraf RI beserta rombongan disambut Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, Ketua Dekranasda Romy Mariani Eddy Berutu dan Forkopimda langsung melihat pemandangan hamparan persawahan dan kota Kecamatan Sumbul dari atas perbukitan lokasi TWI.

Pada kesempatan itu Sandiago meminta kepada Bupati menjelaskan tentang apa dan konsep TWI seperti apa.

Dalam penjelasan Bupati, TWI merupakan tempat yang istimewa dan pertama di Indonesia yang menampilkan keberagaman.

“TWI ini disebut juga taman wisata religius. Semua tempat ibadah agama seperti Islam, Kristen, Budha dan Hindu ada di sini,” terang Eddy.

“Selain udaranya sejuk, di lokasi TWI juga menyediakan tempat penginapan yang dikelola Pemkab Dairi,” ujarnya

Lebih lanjut Eddy Berutu menjelaskan, bahwa di lokasi TWI ini juga ada tempat untuk manasik haji,” Disini ada miniatur Kabbah, tempat lempar jumroh dan terowongan minah,” jelasnya

Sementara anggota DPR RI Hinca Panjaitan yang ikut mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan, kalau Dairi merupakan satu-satunya Kabupaten yang ada RI nya.

“Dai artinynya rasa. Jadi rasa Republik Indonesia ada di Dairi,” kata politikus Partai Demokrat ini yang disambut tawa.

Usai melihat keindahan dan berbincang-bincang dengan Bupati, Sandiago langsung menuju ke mesjid yang berada di TWI untuk melaksanakan sholat Jumat.

Ikut hadir mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Hari Santosa Sungkari, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya, Para Pejabat Tinggi Pratama Kemenparekraf/ Baparekraf, Plt Direktur Utama Badan Pengelola Otorita Pariwisata Danau Toba Reza Fahlevi, Direktur Politeknik Pariwisata Medan Anwari Masatip.(Mrs)