Beranda FAKTA & PERISTIWA Menko Marves Dalam Kunjungannya ke Silahisabungan : Agar Disusun Perencanaan Pembangunan...

Menko Marves Dalam Kunjungannya ke Silahisabungan : Agar Disusun Perencanaan Pembangunan Yang Konkret Agar Target Lebih Cepat Tercapai

BERBAGI

Buser24jam.com, Dairi (Sumut) – Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia, melakukan kunjungan kerja ke Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara, di Hotel Debang Resort, Sabtu (13/02/21).

Kunjungan, Menko Marves didampingi Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan Ketua Dekranasda Ny. Romy Mariani.

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau kemajuan pembangunan Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP)
Dalam kunjungan tersebut, Bupati dan Ketua Dekranasda memperlihatkan Produk Artisanal Kabupaten Dairi dengan melakukan pembelian melalui aplikasi Qris. Pemkab Dairi menaruh perhatian yang serius dalam mensukseskan dan mendukung program buatan Indonesia Beli Kreatif Danau Toba.

Dikesempatan itu, Eddy memaparkan profil dan potensi Dairi serta memaparkan kinerja Pemkab dalam pelayanan dan pembangunan, tantangan dalam keterbatasan infrastruktur baik aksesibilitas maupun pertanian dan potensi besar yang dimiliki. Ia juga memaparkan lokasi food-estate Kabupaten Dairi untuk program lumbung pangan menuju kedaulatan pangan nasional.

Dalam peninjauan, Luhut Binsar Panjaitan mengapresiasi dan memuji hasil karya tenun ramah lingkungan dan hasil karya kreatif Perbungarintua dalam produksi dengan bahan dasar Tenun Ulos. Luhut juga membeli dua Tas Awbagai untuk dijadikan oleh-oleh dari Dairi.

Selanjutnya, Binsar juga berkesempatan untuk mencicipi dan memuji racikan Kopi Sidikalang oleh barista bahkan memberikan lembaran dollar kepada Nurcolis. Selain itu, ia juga menilai Kopi Produksi Koperasi Cimata Dairi dinilai sudah bisa masuk pasar, apalagi hasil Koperasi Cimata Dairi sudah dipasarkan melalui transaksi non-tunai Qriss.

“Kita berharap kawasan pembangunan Danau Toba sebagai salah satu daerah Destinasi Pariwisata Super Prioritas memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat. Untuk itu, pembuatan Tenun Ulos berbahan alami seperti yang sedang dikerjakan saat ini bisa mendukung peningkatan ekonomi dan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata. Selain itu, Kopi Sidikalang yang disuguhkan kepada saya saat ini, rasanya sudah mantap untuk itu mari pertahankan dan dikembangkan lagi,” ungkap Luhut.

Setelah Kunjungan stand, dilakukan rapat antara Menteri dengan tim dan Bupati Dairi. Dalam rapat berlangsung Bupati Dairi memaparkan potensi Dolok Simandar yang dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang dapat mendukung DPSP serta berbagai usulan pembangunan untuk mendukung DPSP Danau Toba.

Selanjutnya Menko Marves menyampaikan Pemerintah terus berupaya untuk melakukan pengembangan kawasan Danau Toba dan untuk melihat perkembangannya maka Menko melakukan berbagai kunjungan di wilayah kawasan Danau Toba.

Disampaikannya, pengembangan kawasan Danau Toba terus dikebut dengan pembangunan infrastruktur seperti pembangunan Jalan Tol dan berbagai insentif untuk para UKM.

“Seluruh kawasan Danau Toba harus segera dikembangkan. Saya meminta agar disusun perencanaan pembangunan yang konkret yang targetnya lebih cepat tercapai,” pungkasnya

Kehadiran Luhut Binsar Pandjaitan juga menjadi suatu kehormatan bagi Tokoh Adat terlebih para Raja Turpuk Silahisabungan. Mereka menyematkan Ulos kepada Luhut dengan mengucapkan selamat dan memberikan “sipir ni tondi” (doa selamat) dengan iringan musik Gondang Batak.(Mrs)