Beranda SOSIAL BUDAYA Masyarakat Adat Desa Pettal Korban PHP PT Toba Pulp Lestari Tbk

Masyarakat Adat Desa Pettal Korban PHP PT Toba Pulp Lestari Tbk

BERBAGI

Buser24jam.com, Pakpak Bharat, Sumut.
Masyarakat adat didusun Pettal Desa Sukaramai Kecamatan Kerajaan Kabupaten Pakpak Bharat merasa ditipu oleh PT Toba Pulp Lestari, Tbk karena janjinya tidak ditepati kepada masyarakat adat di Dusun Pettal.

Menurut laporan beberapa warga dusun Petta saah satunya yang berinisial (A Angkat) senin/26/04/2021 bahwa PT TPL akan memakai lahan masyarakat adat untuk ditanami kayu eukaliptus bahan baku kertas dengan ketentuan lahan dipakai selama 14 tahun dengan ketentuan selama itu dua kali tanam dan dua kali panen.

Sesuai janjinya bahwa setiap tahun kami selaku pemilik lahan akan mendapatkan pinjaman dari PT TPL. Namun sejak lahan kami dibuka tahun 2018 hingga saat ini tidak ada tanda tanda untuk ditanami.

Maka dalam hal ini kami mengalami kerugian yang cukup besar. Apa lagi sebelumnya diatas lahan kami sudah ada kebun kopi, jengkol, petai, durian, pinang, gambir, dll semua sudah dicabut dengan memakai alat berat eksafator.

Namun hingga saat ini tidak ada alasan yang jelas dari pihak PT TPL sehingga kami merasa dibohongi dan ditipu karena kami melihat lahan kami sudah menjadi semak belukar.

Dengan ini kami atas nama masyarakat adat memohon kepada PD AMAN Tanoh Pakpak agar dapat membantu menjembatani kepihak PT TPL agar semua tanaman kami diganti rugi. Ungkap Masyarakat Dusun
pettal kepada Awak media.

Hal senada juga disampaikan Ketua Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Tanoh Pakpak M Aifa Padang ke awak media bahwa BPAN sesuai dengan sumpah janji organisasi untuk mengawal dan menjaga wilayah adat akan selalu berkoordinasi dengan AMAN selaku organisasi induk.

Apa bila memang dibutuhkan kami selaku pemuda adat siap mempertaruhkan darah dan nyawa kami untuk menjaga wilayah adat. Hal ini akan kami tindak lanjuti.ungkapnya.
( Team )