Beranda Uncategorized Mahasiswa/Mahasiswi Fakultas UPTT Kampar Adakan Pelatihan K3 Bersama A2K3

Mahasiswa/Mahasiswi Fakultas UPTT Kampar Adakan Pelatihan K3 Bersama A2K3

BERBAGI

KAMPAR,(Buser24jam.com) – Guna memberikan pemahaman tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Keperawatan (K3) dan upaya mempertahankan ergonomik pada posisi berbaring, duduk, berdiri dan berjalan.

Serta bagaimana Penyelamatan Pasien atau korban pada situasi darurat termaksud darurat Bencana Kebakaran.

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UPTT) bersama Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (A2K3) Kabupaten Kampar menaja Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Keperawatan.

Acara pelatihan dilaksanakan oleh Prodi Sarjana Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan di aula UPTT, Kamis (10/12/2020).

Hadir pada pelatihan tersebut Ketua Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (A2K3) Hendrawan, SKM, MSi didampingi Ike Putri Sari SKM, MKes (Sekretaris) dan Afrizal SH, MH (Koordinator Fire and Prevention) selaku Pembicara (Narasumber).

Secara global Ketiga Pembicara (Narasumber) mengupas tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Keperawatan, hal ini dijelaskan Ketua Herdrawan selaku Ketua.

Bahwa pentingnya cara mengevakuasi Pasien atau Korban dalam penanggulangan darurat dan sistim tanggap darurat bencana kebakaran, seperti cara mengangkat, memindahkan korban atau pasien.

“Faktor bahaya, ketika mengangkat, memindahkan Pasien jika tidak sesuai standar Ergonomi”, kata Hendrawan.

Disamping Acara Pelatihan tersebut diberikan Sesi tanya jawab atau Feedback dari seputar Materi. Acara pelatihan ini dijelaskan ada secara teori, juga disertai praktek langsung tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Diterangakan bahwa dalam Keperawatan terutama bagaimana Evakuasi pasien atau korban secara darurat dengan cara menjulang, Tarikan ketiak, tarikan selimut, tarikan merayap, mamapah, memopong, dan lain-lain dengan penolong 1 hingga 3 orang.

Simulasi praktek ini langsung dipimpin oleh Ketua A2K3 Hendrawan SKM, MKes beserta, Ketua Prodi Sarjana Keperawatan, Ns. Alini, M.Kep, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi sekali acara pelatihan ini, karena akan menambah Khasanah ilmu dan Skill mahasiswa.

“Jadi mahasiswa akan mengetahui dan paham bagaimana mengevakuasi Pasien / korban ketika darurat serta bagaimana mengangkat dan memindahkan pasien secara Ergonomik”, ucap Hendrawan.

Lanjut Hendrawan bahwa pelatihan ini merupakan Pelatihan Akhir Tahun A2K3 Kampar dan juga merupakan salah satu mata kuliah S1 Keperawatan semester tiga, adalah bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Keperawatan untuk melatih Skill mahasiswa.

Pada kesepatan yang sama Ike Putri Sari mengatakan, bukan hanya teori saja, tapi harus dipraktekkan dengan Ambulansi dan mobilitas adalah upaya mempertahankan Ergonomik pada posisi Pasien berbaring, duduk, berdiri dan berjalan.

Sedangkan mengevakuasi Pasien / Korban membutuhkan keberanian dan mentalitas yang kuat. Disamping itu juga diperlukan bagaimana teknik mengelola,
mengangkat, memindahkan korban secara ergonomik, kata Ike.

Ditambahkan Afrizal, SH, MH bahwa Hal-hal yang harus diperhatikan dalam prinsip dasar Evakuasi Korban, hal-hal yang harus dilakukan pada saat Evakuasi Korban dan menurut penelitian, kemampuan atau kekuatan mengangkat itu sebetulnya bisa dilakukan dengan teknik yang tepat dan benar, sekalipun yang mengevakuasi atau mengangkatnya orang yang kurus, ungkap Afrizal**(YULI)