Beranda NASIONAL KSOP Pangkalbalam Berikan Layanan Sertifikasi Kapal Tanpa Batas

KSOP Pangkalbalam Berikan Layanan Sertifikasi Kapal Tanpa Batas

BERBAGI

Buser24jam- Pangkalpinang Bangka. Untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) khusunya bidang sertifikasi surat kapal. Kantor Sahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas IV Pangkalbalam dengan kemampuan peningkatan pelayanan kepada masyarakat pelaku usaha khususnya perkapalan.

Ksop Pangkalbalam saat ini memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Marine kelas B sebanyak 5 porsonil dan Marine A sebanyak 2 porsonil hal ini agar lebih mampu melakukan pelayanan secara teknis dilapangan maupun penyelesain administrator secara cepat tepat sesuai aturan yang berlaku.

Staf bidang Sertifikasi kapal pada KSOP Pangkalbalam, Arlansyah seizin Kepala Ksop Izuar menyampaikan kepada Media Buser24jam bahwa tidak membatasi ukuran yang diajukan untuk diadakan sertifikasi kapal tersebut yang artinya semua ukuran kapal bisa dilakukan di Ksop Pangkalbalam hal ini keseriusan Kepala Kantor yaitu Pak Izuar untuk mendorong kemudahan pelayanan dan juga peningkatan PNBP yang mana sebelumnya untuk mendapatkan sertifikat ukur kapal membutuhkan waktu karena diajukan terlebih dahulu ke syabandar terdekat tentu hal itu di luar pulau bangka 13/1/2021.

BACA JUGA:  Polisi Rangkul Tokoh Agama dan Masyarakat Cegah Bentrok Susulan di Sorong

Arlan terus menjelaskan pelayanan sertifikat tentunya memiliki kendala seperi teknis dilapangan dengan kapal yang sedang berlabuh di ambang luar, ini membutuhkan waktu dan operasional tim survey untuk mendapkan data data seperti nama kapal, tanda Selar, tempat asal kapal, jumlah deck, jumlah tiang, tanki ballast, tonnage hingga volume dan lain lainnya.

Arlan menegaskan dengan wilayah kerja Ksop Pangkalbalam yaitu Pelabuhan Pangkalbalam, Sungai selan, Belinyu dan Sungailiat akan lebih mudah memberikan pelayanan dan tidak membatasi jika kapal yang mengajukan pelayanan sertifikasi dipelabuhan lain dengan cara pengajuan ke kantor sahbandar setempat lalu pihak sahbandar ataupun intansi tersebut berkordinasi serta komunikasi kepada kami dengan menyurati permintaan pelayanan sesuai dengan permintaan isi surat. (FR)

BACA JUGA:  Pencegahan Covid-19 Di Kabupaten Dairi, Pemkab Perketat Kegiatan Masyarakat