Beranda SOSIAL BUDAYA Koramil 0711/Cibadak Kodim 0607/Kota Sukabumi Bersatu Melestarikan Budaya Pencak Silat.

Koramil 0711/Cibadak Kodim 0607/Kota Sukabumi Bersatu Melestarikan Budaya Pencak Silat.

BERBAGI

Sukabumi, Buser24jam : Koramil 0711/Cibadak, Kodim 0607/Kota Sukabumi, menyelenggarakan latihan Seni Beladiri Pencak Silat bersama unit Padepokan Silaturahmi di halaman Koramil setempat. “Sabtu (20/02/2021).

Hal tersebut di adakan guna menjaga dan melestarikan budaya leluhur di kalangan anak muda, terlebih untuk mewadahi keinginan dalam menyalurkan bakat beladiri yang di miliki.

Disela-sela latihan, Serda wanto mengatakan, selain sebagai ajang olahraga, seni beladiri pencak silat ini juga mengajarkan kita tentang etika, moral, sopan santun, saling menghormati sesama, orang tua maupun orang lain. Kegiatan ini mampu menangkal aksi kenakalan remaja karena mereka disibukan oleh jadwal latihan khususnya pada kegiatan malam minggu.

Pencak Silat Padepokan silatirahmi, diberdayakan dengan turut menghidupkan kembali seni pencak silat sebagai budaya lokal yang harus terus dilestarikan.

Masih kata Serda, warga pun menyambut baik inisiatif Koramil 0711/Cibadak, yang idenya datang dari Danramil Kapten Infanteri Ahmad Amin, S.Pd dalam menggalakkan kembali serta melestarikan budaya warisan leluhur bangsa berupa seni bela diri pencak silat. Hal lain yang nggak kalah pentingnya yakni mampu menjaga para generasi muda dari pengaruh-pengaruh negatif yang semakin komplek.

Dalam kesempatan itu, Serda tidak bosan untuk memberikan sosialisasi, agar warga jangan lupa menggunakan masker ketika beraktivitas, selalu jaga jarak, hindari perkumpulan masa, dan yang lebih penting ialah selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan. “Pungkasnya.

Ketua unit padepokan silaturahmi (deni) yang bernaung di bawah Satria Muda Indonesia (SMI) Kabupaten Sukabumi mengatakan kami sangat bertemimakasih kepada koramil 0711/cibadak kodim 0607/kota sukabumi yang telah memfasilitasi kegiatan latihan pencak silat kepada kami. Kami harap agar kegiatan pelatihan ini bisa terus berjalan guna menjaga kelestarian seni pencaksilat yang ada. Terangnya.