Beranda FAKTA & PERISTIWA Ketua Tim Penggerak PKK Dairi, Lakukan Pembinaan Desa Percontohan HATINYA PKK Di...

Ketua Tim Penggerak PKK Dairi, Lakukan Pembinaan Desa Percontohan HATINYA PKK Di Desa Bukit Baru

BERBAGI

Buser24jam.com, Dairi (Sumut) – Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi melakukan pembinaan desa percontohan HATINYA PKK di Desa Bukit Baru, Kecamatan Pegagan Hilir, Rabu (01/09/21) yang sekaligus juga desa lokus stunting.

Pembinaan tersebut di hadiri langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu bersama dengan Anggota PKK Kabupaten Dairi.

Turut hadir juga dalam pembinaan tersebut Camat Pegagan Hilir Abdimar Tamba, Kepala Desa Bukit Baru, Beres Siringo Ringo, Ketua TP. PKK Kecamatan Pegagan Hilir, Ketua TP. PKK Desa Bukit Baru dan Anggota PKK Desa Bukit Baru.

Halam,Asri, Indah dan Nyaman merupakan salah satu program PKK dari 10 Program Pokok PKK yaitu Pangan, Sandang dan Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga.

Memantapkan Gerakan HATINYA PKK melalui penataan pekarangan dengan mengoptimalkan lahan pekarangan dengan tanaman sayur-sayuran, tanaman obat keluarga, kegiatan produktif lainnya seperti beternak yang memberikan nilai ekonomi bagi keluarga.

“Rumah akan lebih indah saat tertata, nyaman saat kita memandang, asri dengan tanam-tanaman yang bermanfaat dan menguntungkkan saat hasilnya bisa dinikmati anggota keluarga” ucap ketua PKK.

Bersama kader PKK dan dukungan dari semua pihak Program HATINYA PKK tentu akan berhasil.
Desa Bukit Baru akan lebih Asri, Indah dan Nyaman saat semua pekarangan tertata dengan baik, tanaman sayur-sayuran, Tanaman Obat Keluarga dan Tanaman Hias akan mempercantik setiap pekarangan rumah.

Dengan gerakan pemanfaatan pekarangan ini juga tentunya akan mampu memenuhi pangan dan gizi keluarga yang beragam,bergizi dan aman. Semangat gotong royong dari Desa untuk menata dan membersihkan lingkungan desa sangat diperlukan.

Romy juga mengapresiasi semangat masyarakat Desa Bukit Baru yang mana masyarakat sudah membuat pagar-pagar rumah dari bambu, hal ini tidak terlepas dari peran Pemerintah Desa untuk mensuksekan Desa Bukit Baru Sebagi Desa Percontohan HATINYA PKK sesuai dengan SK Bupati Dairi Tahun 2021.

Selanjutnya, Ketua PKK menyampaikan bahwa desa bukit baru merupakan salah satu desa yang menjadi locus stunting dimana terdapat anak anak yang mengalami stunting pada masa pertumbuhannya.

170 KK di desa bukit baru, terdapat 50 KK di dusun barisan kilang. Dari informasi kader PKK Desa Pokja IV, di tahun 2021 terdapat jumlah stunting sebanyak 13 orang anak dan ini sudah mengalami penurunan dimana pada tahun 2020 terdapat 19 orang anak yang mengalami stunting.

“Ini terjadi penurunan dan saya sangat mengapreasiasi itu. Itu semua berkat kerjasama yang baik dari seluruh pihak terkait”, ujar Romy.

Diharapkan kedepan angka ini bisa semakin kecil bahkan desa Bukit Baru bebas stunting. Gerakan HATINYA PKK melalui pemanfaatan pekarangan, Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan mendukung program PKK Kabupaten Dairi untuk HATINYA PKK dan praktik baik untuk desa lokus stunting.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Meri Debora Saragih yang hadir dalam kegiatan tersebut menerangkan bantuan yang diberikan berupa tanaman sayur sayuran yakni sawi putih, sawi manis, bayam hijau dan ayam dara (calon induk) untuk pemenuhan pangan dan gizi keluarga.
Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi menyerahkan secara simbolis bantuan dimaksud kepada warga penerima bantuan.

Bersamaan dengan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi juga menyerahkan bantuan masker kepada Camat Pegagan Hilir dan Kepala Desa Bukit Baru.(®)