Beranda POLITIK Ketua DPRD Dairi Mengapresiasi Sikap Forum Lintas Ormas Dan OKP Atas Dukung...

Ketua DPRD Dairi Mengapresiasi Sikap Forum Lintas Ormas Dan OKP Atas Dukung Kehadiran PT DPM

BERBAGI

Buser24jam.com, Sidikalang (Sumut) – Beredarnya informasi tentang penolakan kehadiran tambang PT Dairi Prima Mineral (PT DPM) yang mengatasnamakan masyarakat Kabupaten Dairi menggerakkan Forum Lintas Ormas dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) untuk mengangkat suara. Suara tersebut mereka utarakan di depan anggota DPRD di Kantor DPRD Dairi, Senin (31/05/21).

Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan narasi “Pernyataan Sikap Forum Lintas Ormas/OKP Kabupaten Dairi” yang berisi tentang pandangan terhadap akan beroperasinya PT DPM yang mana adendum AMDAL PT tersebut telah disetujui oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Jumat (27/05) lalu.

” Raja Umar Ujung selaku Pengurus Besar Lembaga Kebudayaan Pakpak dalam hal ini, Kami Forum Lintas Ormas dan OKP perlu menyampaikan kepada semua unsur yang ada di Kab. Dairi terkait keberadaan PT Dairi Prima Mineral agar bersama – sama mengawal segala aktivitas yang akan dilakukan dengan memperhatikan hak – hak masyarakat sebagai warga negara dan mengedepankan nilai-nilai budaya dan kemanusiaan,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan sikap dukungan ini akan tetap berlanjut dengan catatan bahwa PT DPM wajib memperhatikan dan memenuhi kebutuhan masyarakat Dairi dalam berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, tenaga kerja, kemandirian ekonomi, sosial budaya, partisipasi publik, kelembagaan lokal, infrastruktur/prasarana publik, serta dana pembinaan Lembaga Organisasi Masyarakat, Organisasi Kebudayaan, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Sosial yang ada di Kabupaten ini.

Raja Umar Ujung selaku Pengurus Besar Lembaga Kebudayaan Pakpak membacakan narasi “Pernyataan Sikap Forum Lintas Ormas/OKP Kabupaten Dairi” di depan anggota DPRD Kabupaten Dairi (31/05).

Ketua DPRD Dairi, Sabam Sibarani mengapresiasi kegiatan ini karena menurutnya keputusan untuk menyampaikan dukungan terhadap PT DPM oleh Forum Lintas Ormas dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) Dairi di depan DPRD tepat untuk dilakukan.

“Ini menambah referensi bagi DPRD. Kami terima aspirasi ini karena secara aturan memang tepat untuk menyampaikannya disini. Kami akan membahasnya terus disini,” ujar Sabam.

Ketua DPRD saat diwawancarai awak media tentang kegiatan penyampaian dukungan terhadap PT Dairi Prima Mineral oleh Forum Lintas Ormas dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP)
Diakhir kegiatan, Sabam juga menjelaskan kepada awak media bahwa sebelumnya mereka telah menerima aspirasi dari masyarakat yang menolak kehadiran perusahaan tambang ini.

“Kami akan melaksanakan langkah -langkah selanjutnya. Salah satunya adalah Rapat Dengan Pendapat (RDP) dengan PT DPM. Kami ingin mendengar secara umum tentang kehadiran PT ini”.kata Sabam.

Mengenai AMDAL, Sabam juga mengatakan supaya AMDAL tersebut berjalan sesuai prosedur dan jangan sampai merugikan masyarakat banyak.

“Kami berharap KLHK memberikan izin secara objektif dan benar. Pada saat diberikan izin, kami siap menerimanya karena PT DPM sudah melewati tahapan-tahapan yang diberikan oleh KLHK,” jawab Sabam.

Sabam juga menyatakan ketika PT DPM berjalan, DPRD ingin melihat masyarakat Dairi sejahtera yang ditunjukkan dengan pembangunan infrastruktur yang baik di Kabupaten Dairi dan putera – puterinya dapat dipekerjakan oleh PT DPM sesuai dengan keahliannya. (®)