Beranda NASIONAL Kepala Dinas Perindag Sumatera Utara Mengajak Masyarakat Dairi Untuk Lebih Kreatif Dan...

Kepala Dinas Perindag Sumatera Utara Mengajak Masyarakat Dairi Untuk Lebih Kreatif Dan Produktif

BERBAGI

Buser24jam.com, Dairi (Sumut) – Masyarakat Kabupaten Dairi, Sumatera Utara diajak untuk lebih kreatif dan produktif. Artinya dapat memanfaatkan Sumber Daya Alam yang ada disekitar menjadi sebuah produk berkualitas, awet, dan bernilai ekonomis atau bernilai tambah tinggi.

Contohnya seperti bambu, sebagai bahan baku lokal yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku produk bernilai lebih.

Itu dikatakan Kepala Dinas Perindag Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis dalam Sambutannya yang dibacakan oleh Nurhaidah, Kepala bidang Industri Kimia, Agro dan Hasil Hutan, saat menggelar kegiatan pelatihan Peningkatan Kualitas Mutu dan Diversifikasi Kerajinan Anyaman.

Giat yang diselenggarakan di Hotel Sidiangkat itu dibuka secara resmi oleh ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Dairi, Ny.Romy Mariani Eddy Berutu yang dihadiri Kadis perindagkop UMKM Oloan Hasugian, Camat Sidikalang Robot Simanullang, Lurah Sidiangkat Mawardi Tumanggor, perwakilan karang taruna kabupaten, serta diikuti oleh 25 orang anggota karang taruna kelurahan Sidiangkat.

Dikatakan bahan alami menjadi faktor penting dalam pengembangan kerajinan, karena disamping harga murah, produk kerajinan memberi nuansa keunikan dan sangat mempengaruhi hasil akhirnya.

Nurhaidah juga menyebut bahwa kegiatan ini sangat istimewa karena dari 33 kabupaten kota di Sumatera Utara hanya Kabupaten Dairi dan Kabupaten Simalungun yang mendapat kesempatan.

Atas giat ini, Nurhaidah menyampaikan penghargaan kepada ketua Dekranasda yang senantiasa menaruh hati dan pikiran bagi peningkatan kerajinan dan kreatifitas daerahnya.

“Saya haturkan penghargaan terhadap ketua Dekranasda yang selalu memberi hati dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan terkait kerajinan daerah. Kegiatan ini hanya ada di 2 kabupaten, jadi saya harap peserta serius dalam mengikuti pelatihan ini,” kata Nurhaidah.

Nurhaidah berharap kerjasama dapat memberikan kontribusi dalam membangun desa dan menata kota.

Ny.Romy Mariani dalam sambutannya menyampaikan ini adalah pelatihan ke 2 setelah pelatihan di desa Pasi beberapa waktu lalu.
Ia berharap kesempatan emas ini dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Romy sangat koncen dengan pelatihan ini dan ingin hasilnya pun dapat dinikmati masyarakat. Mencapai komitmen dari masyarakat itu memang sulit, tapi kita harus tetap berusaha,”ujarnya.

Para peserta pelatihan diharapkan memiliki tujuan serta target yang harus dicapai, bukan sekedar tahu tapi tidak ada kesinambungan.

“What the ultimate goals (apa tujuan akhirnya). Pelatihan ini tidak sekedar tahu, tapi harus paham, karena kalau hanya sekedar tau, belajar dari tutorial youtube juga bisa. Yang penting jangan habis pelatihan ini tidak ada kesinambungannya,” tutup Romy.

Pelatihan mengundang Gunawan, seorang instrukstur dari sanggar kreatif bunga matahari, Binjai dan akan berlangsung dari tanggal 8 hingga 11 Juni mendatang.(®)