Beranda FAKTA & PERISTIWA Kepala Dinas Pendidikan Meyampaikan 47 Siswa SLTP Dairi Lolos Ke SLTA Unggulan

Kepala Dinas Pendidikan Meyampaikan 47 Siswa SLTP Dairi Lolos Ke SLTA Unggulan

BERBAGI

Buser24jam.com, Sidikalang (Sumut) – Sebanyak 47 Siswa lulusan SLTP Dairi lolos dan masuk ke SMA/ SLTA bergengsi seperti Yayasan Sopo Surung, SMK Kehutanan Pekan Baru , SMA Taruna Nusantara, dan Chairul Tanjung foundation. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Jonni Waslin Purba didampingi Pintor Siburian di Sentral Kelas Pintar Sidikalang, Dairi kamis (04/03/21)

Kepala Dinas Pendidikan Jonni Waslin Purba menyebutkan disamping kemampuan siswa hadirnya Sentral kelas Pintar yang dibuat dapat memicu dan menjadi solusi pendidikan ditengah pandemic covid 19. Di Sentral kelas Pintar siswa diajari secara virtual oleh guru yang terlatih.

Bukan hanya itu di sentral kelas Pintar siswa juga dimotivasi dengan mendengarkan tekhnis dan tips para siswa Dairi yang sudah masuk ke SLTA bergengsi. Dengan konsultasi bersama siswa Dairi yang sudah lebih dahulu sukses maka calon siswa Unggulan akan terpacu untuk bersaing masuk sekolah unggulan.

Dengan motivasi itu JW Purba menyebutkan akan timbul minat dan daya juang siswa untuk lolos dan bisa mewujutkan impian bersekolah di sekolah unggulan yang bergengsi.

Masih keterangan kepala dinas hasil pemetaan dari siswa yang diterima di sekolah unggulan berasal dari sekolah SMPN dan Swasta yang ada di Dairi.

“ Memang belum semua sekolah SLTP Negeri dapat meloloskan siswanya masuk ke SLTA bergengsi namun dari kuantitas terlihat peningkatan jumlah dan jumlah SLTP Dairi yang meloloskan “duta”nya ke sekolah bergengsi itu juga sudah bertambah” jelasnya.

JW Purba menyebutkan meski ditengah pandemic Dinas Pendidikan terus mencari dan membuat solusi agar kualitas lulusan SLTP Dairi meningkat.

“ Sekarang ada program pembukaan PGMP se Dairi. Hal ini untuk mengembangkan propesionalitas kerja dan memotivasi guru untuk meningkatkan kemampuan melakukan pembelajaran jarak jauh. Kita melihat ini salah satu solusi ditengah pandemic sehingga kualitas pendidikan Dairi dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan” jelasnya

Saat ditanyakan jumlah 47 siswa yang lolos Kepala Dinas JW Purba menjelaskan ini masih tahap awal dan masih terus didata .

“ Ini salah satu terobosan dan bukti Visi Dairi Unggul di bidang pendidikan. Sentral sekolah Pintar kita jadikan sebagai solusi dan alat ukurnya sangat jelas yakni jumlah lulusan SLTP Dairi yang masuk SLTA unggulan atau SLTA bergengsi yang ada di Indonesia ini “ sebutnya

Program ini akan terus berlanjut dan berkesinambungan. Bukan hanya kepada kelas 9 . Namun juga kelas 8 yang sudah launching. Kita berharap juga secepaatnya dapat launching untuk kelas 7, tambahnya. Hal itu untuk menjaga mutu lulusan SLTP Dairi, pungkasnya (Mrs)