Beranda FAKTA & PERISTIWA Kapal KM HRB 70 GT Milik YS Ditangkap Kapal Pengawas (KP HIU12)

Kapal KM HRB 70 GT Milik YS Ditangkap Kapal Pengawas (KP HIU12)

BERBAGI

Buser24jam.com, Sibolga – Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap satu unit kapal diduga illegal fishing di perairan Pulau Ilir Pantai Barat Sumatera, berkisar 7-8 Mil dari bibir Pantai, Selasa (02/01/21).

Penangkapan kapal tersebut dipimpin Kapten Nofry Sangiang. Kapal KM HRB 70 GT tersebut milik YS, ditangkap Kapal Pengawas (KP HIU12) saat melakukan aktifitas mangkap ikan menggunakan alat tangkap illegal jenis trawl (pukat hela).

“Kita menerima laporan dari Nelayan Tradisional, yang mengatakan ada kapal sedang beroperasi melakukan penangkapan ikan dengan memakai alat tangkap trawl. Kita langsung melakukan patroli ke TKP untuk pengecekan,” ucap Nofry, Kamis (04/01/21).

Dari lokasi tersebut, ujar Nofry, diamankan satu unit kapal KM HRS yang sedang beroperasi menangkap ikan menggunakan pukat trawl.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, kita langsung amankan 13 ABK dan Nahkodanya,” jelasnya.

untuk proses pemeriksaan lebih lanjut,para ABK, Nahkoda dan kapal KM HRB diboyong ke Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga.

“Kapal KM HRB ini sudah kita serah terimakan kepada Koordinator Pangkalan PSDKP Lampulo Satuan Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Satwas SDKP) Sibolga,” ujarnya.

Dia juga berharap, agar pengusaha kapal jangan lagi menggunakan alat tangkap yang melanggar Undang-undang tentang Perikanan.

“Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi yang lain, jika kami temukan lagi di lapangan kami akan tindak tegas,” tandasnya.(Mrs)