Beranda NASIONAL “Kampung Jawa Bali Kejari Dairi” Resmi Dibuka Oleh Bupati Dairi

“Kampung Jawa Bali Kejari Dairi” Resmi Dibuka Oleh Bupati Dairi

BERBAGI

Buser24jam.com, Sidikalang (Sumut) – Kawasan Danau Toba sudah ditetapkan sebagian kawasan wisata super prioritas.Sejalan dengan itu Kejaksaan Negeri Dairi memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, melalui dinas pariwisata, maupun stakeholder yang terkait dalam membangun kawasan starategis wisata nasional ini.

Sebagai bentuk dukungan penuh, Kejaksaan Negeri melaunching program Kampung Jawa Bali Kejari Dairi, di ruang rapat Kantor Bupati Dairi.

Program ini dikatakan menjawab instruksi Jaksa Agung terkait dengan kewajiban satuan kerja kejaksaan di tingkat wilayah untuk memberikan dukungan penuh terhadap pemerintah daerah yang yang wilayahnya masuk dalam kawasan wisata Danau Toba.

“Kami juga melihat peluang menjawap sektor pariwisata ini, sangat besar peluang di manfaatkan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional,” Kata Syahrul Juaksha Subuki, Rabu(02/06/21).

“Kampung Jawa Bali Kejari Dairi” merupakan akronim singkatan dari Masyarakat Madani Penyuluhan dan penerangan hukum Jaksa Wisata Toba Silalahi Kejaksaan Negeri Dairi.

Bentuk kegiatannya adalah melalui pendekatan datun, pendekatan bidang intelijen seperti penyuluhan dan penerangan hukum.

“Tehknisnya nanti ada agen dari Kejaksaan Negeri Dairi bersama – sama ASN dari dinas pariwisata Kabupaten Dairi, itu akan memberikan salam sambutan kepada wisatawan yang masuk kewilayah Silahisabungan sekaligus menitipkan pesan – pesan penyuluhan dan keterangan hukum,” pungkas Subuki.

Ada 6 hal yang sangat relevan yang akan disampaikan dengan pengembangan kawasan wisata dan selelu menjadi momok.

Seperti bahaya penyalah gunaan narkotika dan obat – obatan terlarang, bahaya seks bebas, termasuk kekerasan terhadap anak di bawah umur, bahaya peredaran minuman keras, pencemaran lingkungan, penggunaan lahan tanpa izin atau alas hak, dan larangan Kerambah Jaring Apung di wilayah perairan Danau Toba.

Dari pendekatan aspek ini diharapkan bisa menjaga kawasan wisata Kecamatan Silahisabungan untuk menjadi betul – betul kawasan wisata unggulan.
Meski demikian diakui program ini akan membutuhkan banyak tenaga. Untuk memenuhi ekspektasi terhadap semua kebutuhan tenaga, Kejaksaan Negeri Dairi akan menggunakan brosur, pamplet dan standing baner, di beberpaa titik yang strategis.

“Jadi tidak membutuhkan banyak tenaga maupun waktu, karena nanti kita akan standbykan satu petugas di setiap waktu – waktu tertentu.Untuk fungsi penyuluhan sepanjang waktu nanti kami akan titip program ini di tempat-tempat strategis, Kantor Desa, Kantor Camat, dan Hotel-hotel, mungkin itu gambaran umumnya,” Ujar Kajari.

Gerakan Kejaksaan Negeri ini di apresiasi Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu.

“Terimakasi dan salut, atas inisiatif luar biasa, mengangkat wisata Tao Silalahi. Dengan semangat kita dan dukungan forkopimda maka kita bisa menunjukkan gerakan – gerakan yang berbeda dengan inisiatif yang berbeda sehingga memberikan dampak percepatan keunggulan tao silalahi sebagai destinasi wisata super prioritas,” Katanya.

“Atas ridho Tuhan yang maha kuasa maka inisiatif Kejaksaan Negeri Dairi membentuk Kampung Jawa Bali Kejari Dairi secara resmi kita nyatakan di buka,” ujar Bupati sambil mengetuk mikropon pertanda Kampung Jawa-Bali Kejari Dairi, di buka.
Ia berharap ada inisiatif serupa mendukung Program Dairi Unggul dari Polres dan Kodim 0206.
“Ditunggu inisiatif lain dari Kapolres dan pak Dandim,” cetus Eddy. (®)