Beranda Uncategorized Kadis Dukcapil Dairi Membuka Pelayanan Program Jemput Bola (Jempol)

Kadis Dukcapil Dairi Membuka Pelayanan Program Jemput Bola (Jempol)

BERBAGI

Buser24jam.com, Dairi (Sumut) – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang diwakili Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, membuka secara resmi kegiatan pelayanan Jemput Bola (Jempol) di Desa Lae Nuaha Kecamatan Siempat Nempu Hulu, bertempat di Balai Desa Lae Nuaha, Senin (22/03/21).

Dalam sambutan tertulis Eddy Keleng yang dibacakan oleh Deddy Situmorang, mengatakan kegiatan Jempol Administrasi Kependudukan (Adminduk) merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Dairi untuk meningkatkan dan mendekatkan kualitas pelayanan Adminduk di Desa Lae Nuaha Kecamatan Siempat Nempu Hulu.

Peningkatan pelayanan adminduk tersebut diamanatkan dalam UU No. 24/2013 tentang perubahan atas UU No. 23/2014 tentang Administrasu Kependudukan dan Peraturan Mendagri No. 19/2018 tentang Peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan, sehingga Pemerintah Daerah wajib memfasilitasi peningkatan kualitas Administrasi Kependudukan.
Bupati Dairi juga mengatakan bahwa kegiatan Jempol Adminduk ini merupakan pelayanan jempol yang ke 8 dalam Tahun 2021 dengan rencana target 43 Desa se – Kabupaten Dairi Tahun 2020 telah tuntas di kunjungi 30 Desa.

“Kegiatan Jempol ini merupakan salah satu wujud PERUBAHAN dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu yang bekerja dalam mewujudkan DAIRI UNGGUL khususnya dalam mendekatkan pelayanan Admnistrasi Kependudukan dan mencepat pelayanan yang sampai kepada masyarakat sehingga tepat sasaran”, tutur Eddy.

Diakhir sambutannya, Bupati Dairi mengajak seluruh masyarakat Desa Lae Nuaha untuk memanfaatkan kegiatan ini untuk mengurus seluruh dokumen kependudukan yang diperlukan sehingga seluruh dokumennya benar-benar lengkap karena pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang dilaksanakan hari ini berupa layanan pengurusan Kartu Keluarga (KK), perekaman dan pencetakan KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Perkawinan dan Akta Kematian.

Sementara itu dihadapan masyarakatnya, Kepala Desa Lae Nuaha Wahyu Daniel Sagala dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kunjungan Dinas Dukcapil yang datang ke Desa kami untuk memberikan pelayanan Jempol Adminduk.

“Kami sangat bergembira dan apresiasi atas kehadiran Dinas Dukcapil Dairi yang datang dalam memberikan pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Lae Nuaha yang diharapkan seluruh permasalahan dan kendala selama ini terkait kebutuhan Dokumen Kependudukan dapat diselesaikan dan dituntaskan hari ini. Diminta kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk mengurus seluruh dokumen kependudukan karena kesempatan ini sangat berharga”, ujar Daniel.

Disela-sela pelayanan yang diberikan, Kadis Dukcapil Deddy Situmorang, bersama Kades Lae Nuaha Wahyu Daniel Sagala menyerahkan dokumen Kependudukan yang telah selesai secara simbolis kepada Masyarakat Lae Nuaha seperti Kartu Keluarga (KK) kepada Tince Sianturi, Akta Kelahiran kepada Salsabilah Capah, Akta Perkawinan kepada pasangan Ferianto Hasibuan dengan Merliana Sigalingging, KTP-el kepada Baharu Nadeak dan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada Oky Abygaell.

Dari lokasi pelayanan Jempol, Deddy Situmorang, menjelaskan hasil capaian pelayanan Jempol Adminduk di Desa Sungai Raya seperti perekaman KTP-el sebanyak 33 orang, Cetak KTP-El sebanyak 70 Keping, Kartu Keluarga sebanyak 68 KK, Akta lahir sebanyak 103 akta, Akta Kawin sebanyak 10 akta, Rekam KIA sebanyak 218 orang dan Cetak KIA sebanyak 361 Keping.

Dalam pelayanan tersebut, terlihat pejabat dan staf Dinas Dukcapil antara lain Kabid PIAK Simon Tonny Malau, Kasi SIAK Rumintang A. Siadari, Kasi Perubahan Status Anak, Kewarganegaraan & kematian Marlina Saragih, Kasi Kelahiran Yohana P Ketaren, Kasi Pindah Datang Penduduk Hetty Malina Sitorus, Kasi Identitas Penduduk Rosaline Munthe, Lely Simamora, Pasti Pandiangan, Hendra Supreddi Simare-mare, Mangaranto Situngkir, Marleon Steve Willyam Tambunan, Awardi Manullang.(Mrs)