Beranda SOSIAL BUDAYA Intensifkan Peran Kampung Tangguh di Wilayah Kabupaten Mamuju Tengah demi Tekan Penyebaran...

Intensifkan Peran Kampung Tangguh di Wilayah Kabupaten Mamuju Tengah demi Tekan Penyebaran Covid-19

BERBAGI

Buser24jam.com, Mamuju Tengah (Sulbar)  – Pemerintah memberlakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro guna menekan penyebaran Covid-19.

Program Pembentukan Kampung Tangguh yang merupakan kolaborasi tiga pilar, TNI-Polri bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tengah semakin diintensifkan dalam pelaksanaannya dengan memberlakukan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment). Warga juga turut berpastisipasi penuh dalam kegiatan di Kampung Tangguh. Pada Rabu (17/02/2021)

’’Dengan Adanya Program Kampung Tangguh ini, efektifnya luar biasa sekali. Kita semua warga bekerja sama memperketat keluar masuknya warga dengan melakukan monitoring dan pengecekan suhu tubuh sesuai arahan yang ada,’’ kata Hasrun.

Seperti salah satu contoh Kampung Tangguh yang dibentuk di Desa Paraili, Masyarakat bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas Bripka Helmin sebagai garda terdepan di Kampung Tangguh ini bergotong royong membangun beberapa fasilitas yakni sistem keamanan satu pintu dengan adanya penjagaan cek suhu tubuh, sarana cuci tangan di lingkungan kampung, posko kesehatan, ruang isolasi mandiri, tes swab secara berkala, dan adanya fasilitas lumbung pangan yang disediakan secara swadaya dari masyarakat untuk masyarakat yang membutuhkan.

Tak hanya mencegah penyebaran Covid-19, Dalam Kampung Tangguh yang dibentuk Di Desa Paraili ini juga memberikan sarana masyarakat untuk melaksanakan bercocok tanam dan juga berternak ikan untuk kebutuhan pangan yang diberikan kepada warga yang membutuhkan. Terutama warga yang terpapar Covid-19.

Setiap warga di Desa mendapatkan edukasi terkait hidroponik mulai dari budidaya ikan sampai jenis tanaman yang menjadi kebutuhan sehari-hari.(Hamsa)

Editor:AS