Beranda Uncategorized Hindari Jasa Pandu dan Asis KIP Lembawai apes Tabrak Jembatan EMAS

Hindari Jasa Pandu dan Asis KIP Lembawai apes Tabrak Jembatan EMAS

BERBAGI

Buser24jam- Pangkalpinang Bangka. Kapal Isap produksi (KIP) Tanpa Pandu dan Asis menghantap tiang borher pembatas beton jembatan EMAS. Kapal tersebut diduga terdorong arus saat itu bergulir surut hingga perlahan pada buritan kapal bergeser melintang di poros alur perlintasan kapal.

Keadaan air sungai baturusa berangsur menjorok surut membuat kapal isap produksi nekat meneruskan pergerakan kapal menuju ke luar arah boiy luar dengan berakhir menubruk tiang boldher penahan beton jembatan EMAS diduga kapal isap produksi menghindari pungutan jasa pandu dan asis berakhir kapal terdorong arus hingga larat melintang di tengah tengah alur jembatan EMAS.

Sontak nelayan saat berada di Pelabuhan Perairan Pantai P3 sungai baturusa melihat kapal isap menabrak tiang pembatas jembatan EMAS banyaknya nelayan sambil teriak teriak menunjuk ke arah kapal dan jembatan dengan menluapkan “Awas jembatan awas jembatan” bahkan ada pula diantaranya pemerhati mengatakan ” la sudahlahhh hancur jembatan kita.. kaptennya dak sekolah lah tau air surut deras bukannya nunggu malah lajur terus…”22/3/2021

Kapal Isap Produksi yang berlambung KIP Lembawai I belum diketahui agent pelayarannya disesalkan kejadian ini diduga mengindari pungutan jasa pandu dan asis yang berakibat terganggunya fasilitas umum lainnya. Hal ini karena kapal yang akan melewati dibawah jembatan EMAS harus dipandu mengingat kondisi sungai baturusa yang terbilang pasang surut dan memiliki krakteristik ini diketahui oleh agent pelayaran maupun nakhoda kapal saat memasuki maupun hendak keluar alur sungai baturusa di pelabuhan Pangkalbalam. ( FR)