Beranda Uncategorized Forum RKPD Kampar, Kamsol Minta OPD Fokus pada program Penguatan Ekonomi Masyarakat...

Forum RKPD Kampar, Kamsol Minta OPD Fokus pada program Penguatan Ekonomi Masyarakat dan Agenda Pusat

BERBAGI

Buser 24 jam. Bangkinang Kota – Pj Bupati Kampar, Dr H Kamsol, MM membuka secara langsung Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sekaligus pengumuman pemenang lomba inovasi daerah Kabupaten Kampar tahun 2023, Jumat (9/12/2022) di Aula Balai Bupati Kampar.

Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol, MM pada kesempatan tersebut juga menyerahkan hadiah lomba Inovasi daerah kabupaten kampar, juara pertama dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dengan inovasi Halaman Kampung Desa Digital Sungai Petai dan mendapatkan uang tunai 2 juta rupiah, juara 2 dari Dinas Ketahanan Pangan dengan inovasi  Optimalisasi Cara Untuk Mandiri Pangan(Ocu Mapan) dan uang tunai 1,5 juta, dan juara ketiga dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan inovasi GELIAT KAMU ( gerakan literasi Untuk Kesejateraan Kampar Maju ) dan 1 juta rupiah.

“Diharapakan penyusunan program bagi OPD fokus pada penguatan ekonomi masyarakat, Ketahanan pangan, pembinaan UMKM, serta pelaksanaan agenda pusat yakni pesta demokrasi pemilahana umum” Kata Kamsol.

BACA JUGA:  Luxurious Rich Person Dating Web page for Powerful Women

Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol, MM menambahkan dalam arah kebijakan bahwa berdasarkan Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, pasal 65 menyebutkan bahwa salah satu tugas kepala daerah adalah menyusun dan menetapkan. RKPD, sejalan dengan undang-undang yang dimaksud, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Raperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD mengamanatkan kepada kita untuk tertib dalam melaksanakan penyusunan perencanaan pembangunan di daerah.

Pj Bupati Kampar juga menambahkan dari evaluasi dari data yang ada, dari ekonomi makro estimasi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kampar lima tahun terakhir tahun 2017-2022 cendrung mengalami fluktuasi.

Kondisi ini diperparah oleh pandemi Corona Virus Deasease (Covid-19) yang menyarang dunia pada tahun 2020 temasuk Indonesia. Hal ini menyebabkan pertubuhan ekonomi menjadi negatif, begitu juga Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Kampar juga terdampak pertubuhan ekonominya.

BACA JUGA:  Russian

Pada tahun 2024 kita juga di hadapi dengan pelaksanaan pesta demokrasi oleh sebab itu perencanaan pembangunan daerah juga diarahkan kepada proses pelaksanaan pesta demokrasi.

“Sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017, pemerintah daerah diwajibkan menyusun RKPD sebagai landasan penyusunan R-APBD tahun berikutnya penyusunan R-APBD dilakukan beberapa tahan yaitu, penyusunan rancangan awal, pelaksananaan musrengbang, penyusunan rancangan akhir dan menetapkan RKPD.

Forum ini merupakan wadah musyawarah yang melibatkan pemangku kepentingan Kabupaten Kampar untuk pemutakhiran rancangan awal RKPD, Dokumen rancangan awal RKPD tahun 2024, akan menjadi acuan oleh perangkat daerah untuk menyusun rancangan renja perangkat daerah harus mengacu kepada program prioritas yang tertuang dalam rancangan awal RKPD 2024, “, ucap Pj Bupati Kampar.

Sementara itu, Kepala BAPPEDA Kabupaten Kampar Ardy Mardiansyah. M,Si menyampaikan Tujuan Forum Konsultasi Publik dalam Penyusunan Rancangan Awal RKPD yaitu, untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2024 dengan aspek demokratis, menginpun aspirasi para pemangku kepentingan terhadap prioritas sasaran pembangunan tahun 2024, memperoleh rumusan sementara terhadap prioritas sasaran pembangunan tahun 2024, mendapat rincian rancangan awal, kerangka anggaran dan kerangka regulasi menurut perangkat Daerah. Dan dari Forum ini bisa menjadi acuan referensi penyusunan rancangan awal rencana kerja perangkat daerah dan juga jadi bahan masukan untuk musyawarah rencana pembangunan tahun 2024 nantinya.

BACA JUGA:  Rayakan HUT FPII ke-6, FPII Korwil Tolitoli Bikin Syukuran dan Aksi Sosial

Tim Ahli kajian pusat pembangunan berkelajutan Universitas Islam Riau Dr. Azharudin M. Amin memberikan penjelasan tentang maetri Rancangan Awal RKPD kepada seluruh undangan yang hadir.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Kabupaten Kampar yang di wakili Zulpan Azmi ST. MT, Staff Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Zamzami Hasan, Staff Ahli Bidang Ke masyarakatan dan SDM Ridel, seluruh forkopimba yang hadir, seluruh OPD Se-Kabupaten Kampar, seluruh Camat se-Kabupaten Kampar, dagan seluruh Perusahaan BUMN/BUMD yang hadir se-Kabupaten Kampar.

 

Editor. Zam.