Beranda Uncategorized Dr Eddy Keleng Ate Berutu : Imbau ASN Menjadi Contoh Menjalankan Kewajiban...

Dr Eddy Keleng Ate Berutu : Imbau ASN Menjadi Contoh Menjalankan Kewajiban Pajak

BERBAGI

Buser24jam.com, Dairi ( Sumut) – Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengimbau kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Dairi dan TNI/Polri agar segera menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak penghasilan (PPh) orang pribadi, sehingga dapat menjadi teladan bagi masyarakat lainnya dalam menjalankan kewajiban perpajakan.

Hal itu disampaikan Bupati saat menghadiri kegiatan pekan panutan penyampaian SPT tahunan 2020 yang di gelar Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kabanjahe di gedung Balai Budaya Pemkab Dairi, Selasa (09/03/21)

Disebutkannya, meskipun batas waktu pelaporan SPT tahunan PPH wajib pajak orang pribadi adalah, 31 Maret 2021.
“Namun, lebih aman dan nyaman para wajib pajak agar sesegera mungkin untuk melaporkannya,” kata Eddy Berutu.

Lebih lanjut disampaikannya, Pemkab Dairi menyambut baik dan memberikan dukungan kepada KPP Pratama Kabanjahe atas terselenggaranya kegiatan ini, sebagai upaya untuk mengigatkan warga negara agar memenuhi kewawajiban membayar dan melaporkan pajak kepada negara melalui Kantor Pelayanan Pajak.

“Semoga kegiatan ini membawa manfaat yang lebih besar bagi kita semua, utamanya bagi peningkatan kesadara membayar pajak,” ucap Eddy.
Disebutkannya, peranan pajak sebagai sumber utama pembiayaan negara dan daerah seperti APBN maupun APBD yang dari tahun ketahun semangkin besar.

“Bahkan idealnya APBN atau APBD sepenuhnya dapat di biayai dari penerimaan sektor perpajakan, karena seperti kita ketahui bersama peranan perpajakan nasional terhadap APBN kurang lebih 80 persen,” ujar Eddy.
Saat ini pelayanan SPT tahunan semangkin dipermudah dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi terkini, yaitu dengan menggunakan SPT e-filing. “Wajib pajak dapat melaporkan SPT nya dimana saja dan kapan saja secara online, sehingga tidak perlu lagi dating ke Kantor Pelayanan Pajak,” ungkap Eddy Berutu

Sebelumnya, Kepala KPP Pratama Kabanjahe Amir Fauzi menyampaikan, kepatuhan SPT tahunan apabila meningkat maka kemungkinan akan juga meningkatk penerimaan pajak kedepannya.

“Perlu kita ketahui bahwa 80 persen penerimaan negara berasal dari penerimaan pajak dari kita yang terdaftar sebagai wajib pajak,” sebutnya.
Menurutnya, sejak pandemic Covid-19 terjadi di Indonesia, Derektoral Jendral Pajak (DJP) mulai tanggal 13 Maret 2020 sempat mengalami pelayanan tatap muka yang berhenti dalam rangka mencegah menyebarnya virus corona. Hal ini tentunya berdampak pada kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan SPT Tahunan.

“Ini menjadi tantangan bagi kami di DJP, untuk terus berinovasi mencari cara agar layanan kepada wajib pajak itu tetap dapat diberikan. Kami menyediakan banyak layanan yang dapat dilaksanakan secara online. KPP juga sempat membuat satu aplikasi untuk mempermudah wajib pajak saat datang ke Kantor Pelayanan Pajak,” ucapnya.

Beberapa waktu kemudian secara nasional juga di launchingkan aplikasi kunjung pajak yang lebih kurang fungsinya sama. Tujuannnya agar pelayanan terhadap wajib pajak tetap bisa diberikan secara optimal dimasa pandemi. Tetapi kondisi wilayah yang luas di beberapa daerah, karena kondisi internet belum lancer.

“Ini menjadi kendala juga bagi wajib pajak, begitu juga sebagian wajib pajak kita ingin dilayani secara tatap muka dengan Prokes itu pun kami lakukan,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono, Kapolres AKBP Ferio Sano Ginting, Kasi Datun Kejari Asnawi, Assisten III Sudung Ujung, Para SKPD Pemkab Dairi dan Camat. (Mrs)