Beranda EKONOMI DPC HSNI Sirahturahmi Jumpai Masuri PJS Dkp Prov kep Babel

DPC HSNI Sirahturahmi Jumpai Masuri PJS Dkp Prov kep Babel

BERBAGI

Buser24jam-Pangkalpinang Bangka. Keperdulian terhadap nelayan terus di digalakkan dengan berbagai cara dilakukan diantaranya bersirahturahmi untuk saling mengenal satu sama lain menciptakan keharmonisan. Seperti yang dilakukan oleh perwakilan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Seluruh Nelayan Indonesia (HSNI) kota Pangkalpinang, DPC HSNI kab Bangka dan DPC Kab Bangka Barat.

Kedatangan tiga DPC HSNI dalam rangka sirahrurahmi ke Masuri selaku Pjs Dinas Kelautan Dan Perikanan DKP Prov Kepulauan Bangka Belitung disambut dengan ramah tamah penuh
keakraban. Masuri menceritakan masa lalunya yang juga merupakan dari kehidupan keluarga nelayan dan bertinggal di lingkungan masyarakat nelayan yaitu di Desa Kurau Kabupaten Bangka Tengah, Masuri tau persis wilayah tangkap maupun alat tangkap serta kebutuhan nelayan baik permasalahannya yang penuh suka maupun duka ucapnya kepada perwakilan DPC HSNI Bangka Belitung dari berbagai pengalaman yang ia miliki saat itu hingga ia bergabung di HSNI yang kebetulan saya sebagai Ketua dari DPC Bangka Tengah pada tahun 2000 hingga tahun 2005 yang lalu, ujarnya 9/9/2021

Masuri meneruskan semoga dengan melalui DPC HSNI di Bangka Beltung sebagai wadah nelayan dalam komunikasi HSNI sebagai perwakilan nelayan untuk dapat menampung pendapat dan saran hingga aspirasi suara nelayan yang akan disampaikan ke pada intansi terkait. Hal ini perlu dilakukan untuk juga melakukan pengawasan terhadap kepentingan dari kebutuhan nelayan disekitaran. Masuri membuka peluang bagi HSNI dengan meneruskan kegiatan kegiatan positif bidang kelautan dan perikanan saya akan dukung kegiatan tersebut ujarnya memberikan motifasi.

Ardi Ketua DPC HSNI bangka barat, sangat senang adanya sirahturahmi ini dengan berbagai ungkapan untuk saling berbagi pengalaman kegaiatan yang sedang berlangsung di wilayah DPC HSNI kab Bangka barat diantaranya pengalakkan kegiatan Koperasi Nelayan dan penyuluhan dari Intansi terkait, Ardi yang menyampaikan kendala kendala nelayan di Bangka barat yang tidak lain yaitu sulitnya bagi nelayan mendapatkan BBM bersubsidi Ia mengeluhkan hal ini sering kali terjadi diwilayahnya, ia berharaf dari suara suara nelayan yang ia tampung untuk disampaikan

DPC HSNI Bangka Lukman yang juga pada kesempatan ini menyampaikan banyaknya keluhan terhadap permasalahan Pendangkalan alur muara jelitik dan sulitnya mendapatkan BBM di pengkalan minyak subsidi bagi nelayan, keluhan nelayan diantar permasalahan tersebut banyaknya menjadi dampak bagi nelayan keesok harinya tidak bisa beraktifitas hal ini menjadi kendala klasik yaitu menunggu dan kehabisan BBM, ujarnya.

Berbeda dengan penyampain ketua DPC HSNI kota Pangkalpinang Asnam didampingi anggotanya menyampaikan bahwa program yang ia lakukan saat ini merupakan pendataan terhadap nelayan, baik yang aktif maupun non aktif. Ini kami lakukan untuk meneruskan program pemerintah pusat dalam pencapaian Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendapatkan hak hak nelayan dan juga sama yaitu masalah BBm pengisian untuk nelayan sering kalinya menjadi semberaut. Kami meminta dari HSNI turut dilibatkan dalam pengawasan tersebut khususnya pembagian jatah pembelian BBM baik dari harga maupun jumlah pembeliannya agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan wilayah tangkapannya. Ujar Asnam.

Dari masing masing perwakilan DPC HSNI telah menyampaikan kepada Masuri selaku PJS DkP Prov Kep Babel penyampain tersebut ditampung dan masuri pun menyampaikan beberapa program yang segera akan dilaksanakan berkaitan dengan cartu nelayan untuk mendapatkan BBm. Ini program yang baru dilaksanakan diwilayah jawa timur dan kita di bangka belitung akan mencoba hal yang terbaik untuk kepentingan nelayan ujar Masuri. (FR /RS)