Beranda FAKTA & PERISTIWA Dirut RSUD Sidikalang Tak Punya Bukti Penundaan Turun Kelas Atau Type Dari...

Dirut RSUD Sidikalang Tak Punya Bukti Penundaan Turun Kelas Atau Type Dari Pihak Kementerian Sosial

BERBAGI

Buser24jam.com, Dairi (Sumut) – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang Dr Sugito Panjaitan tidak dapat menunjukkan surat bukti penundaan turun kelas rumah sakit dari Kementerian kesehatan Republik Indonesia.

Saat wartawan Warta Viral mempertanyakan surat bukti hasil evaluasi Kementerian Sosial tentang pengembalian fungsi RSUD dari type D menjadi type C atau surat penundaan penurunan kelas RSUD, dr Sugito malah menunjukkan surat keputusan dinas kesehatan tahun 2017 tentang izin operasional RSUD Sidikalang Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara no 440/10/Dinkes 2017.

Serta sertifikat penetapan kelas rumah sakit yang di tetapkan pada tangga 12 Januari tahun 2017. Padahal kejadian penurunan kelas RSUD Sidikalang terjadi pada tahun 2019 yang lalu.

Seperti di ketahui pada tahun 2019 lalu Kementerian Kesehatan merekomendasikan RSUD Sidikalang turun kelas dari type C menjadi type D dan terkait dengan hal itu pemkab Dairi melalui Direktur RSUD, saat itu melakukan sanggahan dengan membawa bukti-bukti ke kantor kementerian sosial untuk menguatkan agar status fungsi RSUD tidak di turunkan kelasnya.

Namun hingga kini pihak RSUD belum dapat menunjukkan bukti-bukti adanya surat penundaan penurunan kelas atau type dari pihak Kementerian Sosial.

Saat di mintai hubungi melalui pesan watsapp ke telepon seluler miliknya, Senin (08/02/21), Direktur tidak dapat menunjukkan bukti yang menyebutkan RSUD tidak jadi turun kelas akan tetapi malah justru menunjukkan surat keputusan dinas kesehatan tahun 2017 tentang ijin operasional rumah sakit umum dan sertifikat penetapan kelas rumah sakit.

“Hasil evaluasi kemenkes mengenai rumah sakit penurunan kelas tetapi setelah di update syarat- syaratnya yang di butuhkan tidak jadi penurunan kelas ” katanya.

“Sementara itu masih pada hari yang sama Kepala Dinas (Kadis) Infokom Kabupaten Dairi Rahmatsyah Munte ketika di mintai penjelasan tentang status RSUD ,Rahmat meminta agar awak media ini langsung konfirmasi ke direkturnya saja,”kata Rahmat

“Langsung konfirmasi ke Dirut RSUD dulu bang ” pintanya ketika di hubungi ke telepon seluler miliknya. (Mrs)