Beranda FAKTA & PERISTIWA Dinas Dukcapil Dairi Melakukan Pelayanan Jempol Di Desa Lumban Sihite

Dinas Dukcapil Dairi Melakukan Pelayanan Jempol Di Desa Lumban Sihite

BERBAGI

Buser24jam.com, Dairi (Sumut) – Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melakukan pelayanan Jemput Bola (Jempol) Administrasi Kependudukan di Desa Lumban Sihite, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi yang bertempat di Kantor Desa Lumban Sihite, Kecamatan Lae Parira Kamis (04/03/2021).

Tampak hadir dalam kegiatan ini Pejabat dan staf Dinas Dukcapil yang ikut dalam pelayanan Jempol, antara lain Kabid PIAK Simon Tonny Malau, Kasi Perubahan Status Anak, Pewarganegaraan dan Kematian Marlinawati Saragih, Kasi Kelahiran Yohana P Ketaren SE, Kasi Tata Kelola SDM dan TIK Eliana, SH, Kasi Pindah Datang Penduduk Hetty Sitorus, SH, MAP, Kasi Pendataan Penduduk Jenta Sinaga, Lely Yanti Simamora Amd, Syahrul Angkat, Pasti Pandiangan, Hendra Supreddi Simaremare, Suriaman Kaloko, Pangondian Sihombing, Morleon Steve Willyam Tambunan, Reimon Nababan, Arwadi Manullang.

Dalam Sambutan tertulis Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang dibacakan Kadis Dukcapil mengatakan kegiatan Jempol yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Dairi untuk meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan di Kabupaten Dairi sehingga pemenuhan kepemilikan identitas penduduk bagi setiap penduduk melalui penerbitan dokumen kependudukan dapat dilakukan secara cepat dan tepat.

Lebih lanjut, Eddy menjelaskan kegiatan jempol ini merupakan kunjungan pelayanan Pemerintah Kabupaten Dairi yang kedua dilakukan di Tahun 2021, dimana pelayanan sebelumnya dilaksanakan di Desa Bintang Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi pada hari selasa (02/03/2021). Sedangkan pelayanan jempol Adminduk Tahun 2020 telah menuntaskan kunjungan ke 30 Desa – se Kabupaten Dairi.

“Kegiatan jempol ini merupakan salah satu wujud PERUBAHAN pelayanan dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu bekerja dalam mewujudkan DAIRI UNGGUL khususnya dalam mendekatkan pelayanan admnistrasi kependudukan dan mencepat pelayanan yang sampai kepada masyarakat sehingga tepat sasaran”, kata Eddy

Di akhir sambutannya, Bupati Dair mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Lumban Sihite untuk benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus dan menyelesaikan seluruh dokumen administrasi kependudukan yang belum lengkap atau yang diperlukan.

Sementara itu Kepala Desa Lumban Sihite Gokma Sihite dalam sambutannya mengatakan menyambut gembira dan apresiasi atas kedatangan Dinas Dukcapil Dairi untuk melakukan pelayanan Jemput Bola ( Jempol) khususnya dalam pelayanan Dokumen Administrasi Kependudukan di Desa Lumban Sihite Kecamatan Lae Parira.

“Kedatangan Dinas Dukcapil Dairi ditengah-tengah Desa kita ini, harus kita sambut dengan gembira dan sukacita karena kedatangannya saat ini untuk membantu menyelesaikan seluruh dokumen Administrasi Kependudukan seluruh masyarakat Desa Lumban Sihite. Oleh karena itu, diminta kepada seluruh masyarakat memanfaatkan kesempatan yang baik ini menyelesaikan seluruh dokumen yang belum lengkap. Kita periksa kembali seluruh dokumen kependudukan agar hari ini dapat dituntaskan dan diselesaikan dengan cepat”, ucap Lumban Sihite

Disela-sela pelayanan, Kadis Dukcapi Deddy Situmorang, bersama Kades Lumban Sihite Gokma Sihite melakukan penyerahan dokumen secara simbolis kepada masyarakat antara lain Dokumen Kartu Keluarga (KK) kepada David Simamora, Akta Kawin kepada Pasangan Tohap Sihite dengan Endang Lince Silaban, Akta Kelahiran kepada Mawar Putri Sihite, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) kepada Friska Juniarti dan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada Barens Fabregas Limbong. Acara berjalan dengan lancar dan tertib dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.(Mrs)