Beranda FAKTA & PERISTIWA Dewan Minta Bupati Dairi Segera Isi Dengan Lelang Jabatan, Untuk Tiga Jebatan...

Dewan Minta Bupati Dairi Segera Isi Dengan Lelang Jabatan, Untuk Tiga Jebatan Eselon II

BERBAGI

Buser24jam.com, Dairi (Sumut) – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dairi, Wanseptember Situmorang, SH kembali mengingatkan Bupati Dairi, DR Eddy KA Berutu untuk segera mengisi dan melakukan lelang jabatan atau seleksi terbuka atas jabatan esolon II atau Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPT Pratama) yang saat ini mengalami kekosongan pemimpin, Senin (06/09/21).

“Kekosangan yang berlama-lama maka akan berdampak pada capaian kinerja dan kurang efektifnya organisasi perangkat daerah (OPD) dalam pelayanan masyarakat. Ada tiga jabatan eselon II yang saat ini kosong di Pemerintahan Dairi, yaitu, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Kesbagpol dan Asisten Pemerintahan. Bahkan akhir September Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bapak Sahala Tua Manik masuk purna tugas,” ujar Wanseptember.

Wansep, begitu sapaan akrabnya mengatakan jika kekokosangan tidak sesegera mungkin di isi, bagaimana OPD akan maksimal dalam bekerja untuk mencapai target-terget yang telah digariskan?
Imbuh politisi muda Demokrat itu, desakan itu bertujuan agar nantinya mereka (Pejabat) dapat ikut terlibat langsung dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) tahun 2022 sesuai OPD masing-masing yang saat ini sedang berlangsung.

“Jika terjadi perlambatan dalam hal seleksi hingga pengisian jabatan di eselon II, sementara pembahasan RAPBD berjalan, maka penjabat yang kelak mengisi OPD tersebut dipastikan kurang memahami program-program kerjanya. Kan susah jadinya,” jelas Wansep.

Selain itu, Wansep juga menandaskan, agar Bupati tidak lagi “Meng-Impor” penjabat dari daerah lain untuk mengisi kekosongan tersebut, walau hal itu hak prerogatif beliau.

“Ndak usah impor lagi, cukuplah. Manfaatkan SDM yang ada saat ini di Pemkab Dairi. Kami menilai sudah mumpu dan memiliki dasar pendidikan yang cukup. Mereka hebat-hebat,” saran Wanseptember.

Untuk diketahui ketiga Pejabat Eselon II itu sebelumnya diduduki Datulam Padang, mantan Kadishub yang memasuki purna tugas sejak April 2021. Sudung Ujung mantan Assiten Pemerintahan Setda Kabupaten Dairi memasuki purna tugas Agustus 2021 dan Almarhum Ramlan Sitohang mantan Kepala Kesbangpol meninggal dunia pada bulan Juni 2021. Sementara, Kepala BPBD, Sahala Tua Manik, akan masuk purna tugas pada September 2021.

Sementara Bona Tindaon anggota Komisi III DPRD Dairi juga menimpali peryataan Wanseptember. Menurutnya, harus sesegera mungkin pemerintah mengisi jabatan eselon II dan melakukan proses lelang jabatan terbuka, agar kekosongan tidak belama-lama.

“Menurut informasi yang saya dengar, sudah dilakukan uji kompetensi untuk menduduki jabatan eselon II. Kita tunggu sajalah,” jelasnya Bona Tindaon.

Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi, Leonardus Sihotang yang dikonformasi terpisah mengatakan pengisian jabatan PPT Pratama yang kosong dapat dilakukan dengan mutasi jabatan PPT Pratama yang ada, melalui uji kompetensi atau melalui seleksi terbuka.

“Uji kompetensi sekarang sedang proses. Untuk seleksi terbuka dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan,” jelas Leonardus.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Dapot Tamba mengatakan dalam hal pengisian PPT Pratama, pihaknya telah berkirim surat ke Komisi Aparatur Sipil Negara (Komisi ASN) di Jakarta.

“Sudah, sudah dilakukan pengajuan ke Komisi ASN dan saat ini juga telah melakukan uji kompetensi. Pesertanya, suma ASN yang memenuhi persyaratan umum dan administrasi diikutkan termasuk yang ikut dalam seleksi terbuka yang lalu-lalu kecuali, Inspektur, Catpil dan Setwan,” jelas Dapot.

Ditanya soal Kepala BPBD yang akan memasuki purna tugas September 2021, Tamba mengatakan itu bisa bergeser entah kemana-mana.
“Iya termasuk itu BPBD. Sudah diperhitungkan semua,” ujar Dapot Tamba.(®)