Beranda FAKTA & PERISTIWA Data paparan penyerbaran covid-19 sebanyak 2613, Kadis Kesehatan Pemkab Dairi : Banyak...

Data paparan penyerbaran covid-19 sebanyak 2613, Kadis Kesehatan Pemkab Dairi : Banyak salah entri.

BERBAGI

Buser24jam.com, Sidikalang (Sumut) – Sesuai dengan pemberitaan di beberapa Media Online bahwa akhir akhir ini, Kabupaten Dairi di tetapkan sebagai Zona Merah penyebaran Covid – 19 di Sumatera Utara menjadi pro-kontra khususnya warga / masyarakat di Kabupaten Dairi.

Nama nama yang dalam Data Paparan Penyebaran Covid – 19 di Kabupaten Dairi oleh Dinas Kesahatan, Suspek, Pro Bable, Kontak Erat dan Terkinfirmasi sebanyak 2613 orang, menuai protes keras dari warga bahkan ada warga langsung mendatangi Puskesmas dan menanyakan kepada Petugas atau Tenaga Medis Puskesmas terkait keikusertakan nama dan keluarga mereka dalam daftar tersebut seperti halnya warga Desa Tanjung Beringin Kecamatan Sumbul.

Media Buser24jam.com menyambangi Kadis Kesehatan Pemerintahan Kabupaten Dairi di ruang kerjanya Jumat (04/06/21), ketika di konfirmasi atas data paparan penyebaran Covid 19 di Kabupaten Dairi tersebut, Dr Ruspal Simarmata menjawab dengan enteng bahwa adanya nama nama dalam daftar tersebut termasuk berdomisili di luar Kabupaten seperti di Medan dan Jakarta adalah akibat salah entry oleh petugas.

“Terkait nama nama tersebut termasuk yang di luar Kabupaten itu akibat salah entry oleh petugas, “kata Ruspal.

Ketika di tanya lebih lanjut kenapa hal itu bisa terjadi dan bukankah itu manipulasi data pembohongan informasi? Ruspal Simarmata membantah dan mengatakan data pasien yang di nyatakan terkonfirmasi terpapar Covid – 19, nama nama di Kartu Keluarga (KK) yang terkonfirmasi tersebut di entry oleh petugas.

“Orang yang terkonfirmasi positif terpapar Covid – 19, nama nama lain dalam KK yang bersangkutan, di entry menjadi data kontak erat, “kata Ruspal lagi.

Nama Nama yang di nyatakan terkonfirmasi terpapar dan kontak erat sebanyak 2613 orang telah mengakibatkan kegelisahan, bingung serta merasa keberatan oleh sebagian besar warga Dairi, karena menurut pengakuan beberapa warga yang berhasil di konfirmasi Media Buser24jam.com, bahwa mereka belum pernah melakukan Rapid Test atau Swab Antigen, namun tiba tiba nama mereka muncul sebagai terkonfirmasi terpapar Covid – 19 atau kontak erat.

Adapun data Rekapitulasi Perkembangan Penyebaran Covid 19 di Kabupaten Dairi per 02 – 06 – 2021 sebagai berikut, Suspek sebanyak 326 orang dengan rincian, dalam pantauan sebanya 1 orang, selesai pantauan sebanyak 311 orang, discarded sebanyak 14 orang, Pro Bable tidak ada, Kontak Erat sebanyak 1858 orang dengan rincian Dalam Pantauan 290 orang dan Discarded sebanyak 1568 orang sedangkan Terkonfirmasi sebanyak 429 orang dengan rincian Dirawat / Isolasi Mandiri sebanyak 80 orang Selesai Isolasi ( Sembuh) sebanyak 318 sedangkan Meninggal Dunia sebanyak 31 orang.

Sebagaimana tulisan atau pemberitaan Media Buser24jam.com terbitan sebelumnya bahwa data terkonfirmasi penyebaran Covid – 19 di Kabupaten Dairi sebanyak 414 orang, sampai berita ini di terbitkan jumlah terkonfirmasi penyebaran Covid – 19 bertambah 15 orang menjadi 429 orang.(®).