Beranda FAKTA & PERISTIWA Bupati Irwan Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni Program BSPS Kementrian PUPR Pada...

Bupati Irwan Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni Program BSPS Kementrian PUPR Pada Warga Kurang Mampu

BERBAGI

Buser24jam.com, Meranti – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Bupati Drs. H. Irwan M.Si, melakukan peresmian sekaligus penyerahan rumah layak huni Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Program Kementrian PUPR RI Tahun 2020, penyerahan itu dilakukan secara simbolis kepada warga kurang mampu penerima bantuan yang berada di Kecamatan Tebing Tinggi, Senin (7/12/2020).

Sekedar informasi, bantuan rumah layak huni Program BSPS Kementrian PUPR RI ini terlaksana berkat kerjasama Pemkab. Meranti dengan Kementrian PUPR RI dalam membantu masyarakat kurang mampu agar memiliki tepat tinggal yang layak.

Dari data yang disampaikan pihak PUPR Meranti jumlah alokasi BSPS yang didapat oleh Pemkab. Meranti sebanyak 260 rumah yang tersebar di 9 Kecamatan yang ada. Dimana tiap keluarga mndapat bantuan dana sebesar 17.500.000 Rupiah yang diperuntukan sebagai Stimulus membangun rumah layak huni.

Penyerahan bantuan rumah Program BSPS Kementrian PUPR RI ini langsung dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranri Drs. H. Irwan M.Si, kepada 2 orang warga kurang mampu penerima bantuan yang berada di Kecamatan Tebing Tinggi, yakni atas nama Fauzul Azmi warga Jalan Manggis Gg. Petai RT01/RW10 Kelurahan Selatpanjang Kota, Kecamatan Tebing Tinggi dan Mak Anjang warga Jalan Mahmud, Kelurahan Banglas Barat Kecamatan Tebing Tinggi.

Turut mendampingi Bupati, Plt. Kepala Dinas PUPR Meranti Abu Hanifah, Camat Tebing Tinggi Rayan Pribadi SH, Kabid Perkim PUPR Meranti Rori, Bagian Humas dan Protokol Meranti, Kades Banglas Barat, Tokoh Masyarakat dan lainnya.

Dari pantauan wartawan, Fauzul dan istrinya Juliana tak dapat menyembunyian rasa gembira karena mendapat bantuan rumah layak huni yang memang sejak 6 tahun lalu diidam-idamkan. Untuk itu Fauzul yang kesehariannya bekerja sebagai buruh kasar mengucapkan terima kasih yang tinggi kepada Pemkab. Meranti dalam hal ini Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si dan Kementrian PUPR RI yang telah memperjuangkan sehingga Fauzul bersama keluarga tak lagi tinggal digubuk reyot.

“Sebetulnya sejak 6 tahun lalu kami berniat ingin membangun rumah yang layak namun tak pernah jadi karena uang tak ada, kini Alhamdulillah berkat bantuan ini apa yang kami idam-idamkan itu sudah terwujud, terima kasih kepada Pemkab. Meranti dan Kementrian PUPR,” ucap Fauzul Azmi dengan wajah sumbringah.

Ucapan apresiasi yang tinggi juga disampaikan oleh Ketua RW 10 Kelurahan Selatpanjang Kota, Sawaluddin (65), kepada Bupati Kepulauan Meranti yang telah memperjuangkan warganya yang kurang mampu sehingga memiliki tempat tinggal yang layak.

“Terima kasih kepada Pak Bupati dan semua pihak yang telah membantu warga kurang mampu diwilayah kami agar memiliki rumah yang layak, kedepan bantuan-bantuan seperti inilah yang diharapkan masyarakat apapagi ditengah kondisi Pandemi Covid-19 ini, kedepan kami sangat berharap perhatian Pemda ini dapat ditingkatkan lagi karena masih banyak warga miskin yang belum kebagian,” ujar Sawaluddin.

Kegembiraan yang sama juga dirasakan oleh Mak Anjang janda tua warga Jalan Mahmud, Desa Banglas Barat, yang tak henti-hentinya mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir.

“Ya tentu kami sangat gembira sekali karena sudah memiliki rumah yang layak, terima kasih kepada Pak Bupati,” ujarnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Kades Banglas Barat Syamsurizal, menurutnya bantuan ini memang sangat dibutuhkan oleh warganya terutama warga kurang mampu, para janda yang belum memiliki rumah tempat tinggal yang layak. Untuk itu berkat bantuan ini warganya Mak Anjang sudah punya rumah yang layak.

“Mewakili warga penerima bantuan kami ucapkan terima kasih yang tinggi kepada Oemkab. Meranti dslam hal ini Bupati Irwan yang telah memperjangkan warga kami untuk dapat memiliki rumah layak huni, bantuan ini sangat tepat sasarab untuk membantu masyarakat susah semoga  kedepan dapat terus ditingkatkan agar semakin banyak warga yang terbantu,” harap Kades Syamsurizal.

Menyikapi hal itu, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada pihak Kementrian PUPR terutama Satker Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kementrian PUPR yang telah sudi mengalokasikan program rumah layak huni program BSPS, sehingga masyarakat Meranti yang sebelumnya tidak memiliki tempat tinggal yang layak dapat terbantu.

“Program BSPS Kementrian PUPR inu saagat mulia dan tepat sasaran karena langsung menyasar pada masyarakat yang membutuhkan untuk itu program ini harus terus didorong agar jumlahnya dapat bertambah dari tahun ketahun dan semakin banyak warga miskin yang terbantu,” ujar Bupati.

Lebih jauh disampaikan Bupati Irwan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti disamping terus memperjuangkan alokasi dana pusat untuk membantu masyarakat kurang mampu seperti pengadaan rumah layak huni, juga berkomitmen untuk semakin menyempurnakan kebutuhan dasar masyarakat seperti membangun jalan-jalan lingkungan yang seperti diketahui saat ini hampir seluruh jakan lingkungan yang ada dikota Selatpanjang sudah disemenisasi.

“Selain itu kita juga akan mengupayakan fasilitas air bersih melalui Pamsimas, jaringan Listrik dan lainnya,” ucap Irwan.

Dan satu hal lagi yang juga penting adalah untuk menekan angka kemiskinan dengan memastikan semua warga yang masuk golongan kurang mampu memperoleh bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Jadi yang perlu dipastikan apakah warga kurang mampu ini sudah memperoleh PKH atau belum, agar bantuan PKH dapat merata dan berkeadilan perlu dilakukan Update data secara terus menerus karena untuk data orang miskin ini sifatnya dinamis, karena yang namanya ekonomi ini selalu naik turun jadi perlu pendataan ulang,” jelas Irwan.

Kemudian bagi penerima PKH yang tingkat ekonominya sudah mulai membaik Bupati menyarankan agar bantuan PKH nya dapat dialihkan kepada masyarakat yang memang membutuhkan dan layak menerima agar penyaluran bantuan pusat ini lebih tepat sasaran dan berkeadilan.

“Kita juga berharap data penerima PKH ini dapat terus di Update agar lebih tepat sasaran dan berkeadilan,” pungkasnya. (zamri)