Beranda FAKTA & PERISTIWA Bupati Fakfak terpilih, Untung Tamsil (naik sepeda) Bersama Wakil Bupati Fakfak Terpilih,...

Bupati Fakfak terpilih, Untung Tamsil (naik sepeda) Bersama Wakil Bupati Fakfak Terpilih, Yohana Dina Hindom Saat Meninjau Pasar Thumburuni. 

BERBAGI

Buser24jam.com.Fakfak Papua Barat – Pemerintah Pusat akan menggelontorkan dana sebesar 130 miliar, untuk pembangunan Pasar Thumburuni di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, yang terbakar dua tahun lalu.

Pembangunan Pasar Thumburuni yang sedianya dibangun tahun lalu, belum bisa terlaksana karena belum lengkapnya syarat administratif yang seharusnya dipenuhi oleh Pemerintah Kabupaten Fakfak.

“Ada beberapa persyaratan yang harus segera dipenuhi oleh Pemerintah Kabupaten Fakfak, agar pembangunan Pasar Thumburuni ini segera terealisasi. Apalagi dalam waktu dekat sudah akan dimulai lelang pekerjaannya,” ujar Bupati Fakfak terpilih, Untung Tamsil, S.Sos., M.Si. saat mendampingi Jamaludin Ugar, pejabat dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Papua Barat, ketika meninjau Pasar Thumburuni bersama Wakil Bupati Fakfak terpilih, Yohana Dina Hindom, S.E., .M.M. pada Sabtu sore (13/3/ 2021)Wit.Ujar Bupati Terpilih Untung Tamsil,S.Sos.,M.Si

“Pembangunan Pasar Thumburuni ini harus segera dilaksanakan, selain merupakan salah satu visi kami, pasar ini merupakan nadi ekonomi bagi masyarakat Fakfak, yang berdampak luas kepada sektor lain,”

Menurut Jamaludin Ugar, “Beberapa persyaratan yang harus segera dipenuhi oleh Pemerintah Kabupaten Fakfak antara lain, sertifikat tanah, AMDAL termasuk AMDAL lalu lintas, SK UPT pengelola pasar, serta syarat lainnya. Bulan ini akan segera dilakukan lelang pekerjaannya, sehingga pembangunan Pasar Thumburuni akan dilaksanakan pada tahun ini juga,  dengan alokasi dana sebesar 130 miliar, yang bersumber dari Kementerian Perdagangan, dan dilaksanakan dalam dua tahun,”

Pembangunan Pasar Thmburuni merupakan prioritas pemerintah pusat, sebagai akibat dari kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat pada tahun 2019 lalu.

 

Untung berpesan, agar dalam pembangunannya nanti, tidak meninggalkan ornamen khas Fakfak.

“Saya rasa ini cukup penting, agar bangunan Pasar Thumburuni tetap menonjolkan ornamen khas daerah Fakfak,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Fakfak terpilih, Yohana Dina Hindom menambahkan,  “Pasar Thumburuni nantinya dikhususkan bagi perdagangan barang kering. Sedangkan perdagangan barang basah seperti ikan dan sayuran akan dipusatkan di Pasar Ikan Tanjung Wagom,”

Ada hal menarik saat kunjungan di Pasar Thumburuni tersebut, yakni ketika Untung Tamsil bersepeda berputar-putar di bekas lahan parkir Pasar Thumburuni, meminjam sepeda milik salah seorang ibu yang menyaksikan kunjungan tersebut.

Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan beberapa orang untuk foto bersama dengan Untung Tamsil.(Amatus Rahakbauw).