Beranda NASIONAL Bupati Dairi Resmikan Pokja Bunda PAUD, Sekaligus Berikan BKB Kit Stunting

Bupati Dairi Resmikan Pokja Bunda PAUD, Sekaligus Berikan BKB Kit Stunting

BERBAGI

Buser24jam.com, Sidikalang (Sumut) – Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu meresmikan Pokja Bunda PAUD Bercerita sekaligus memberikan Bina Keluarga Balita (BKB) Kit Stunting kepada 10 kelompok binaan keluarga balita Pendidikan Anak Usia Dini Holistic Integratif (PAUD HI) yang didamping langsung Bunda PAUD Kabupaten Dairi, Ny. Romy Mariani Eddy Berutu dilaksanakan Rabu, (29/09/21) bertempat di Balai Budaya Sidikalang.

Dalam kegiatan ini diberikan berbagai sarana penyuluhan atau alat bantu penyuluhan yang berupa seperangkat alat permainan edukatif bagi anak – anak dan seperangkat media yang berisi materi yang dipergunakan kader Bunda Paud untuk memberikan penyuluhan kepada anak, termasuk video Bunda Paud Bercerita yang begitu menginspirasi.

Pemberian Bina Keluarga Balita Kit Stunting kepada 10 kelompok binaan keluarga balita PAUD HI merupakan salah satu wujud nyata dari Program Kerja Pokja Bunda PAUD Kabupaten Dairi guna mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini Holistic Integratif (PAUD HI).

Bupati dalam arahannya di kegiatan tersebut menyampaikan bahwa perhelatan yang digelar hari ini merupakan bentuk dukungan nyata Pokja Bunda PAUD terhadap program pemerintah dalam meningkatkan literasi dasar bagi anak usia dini yang ada di Dairi.

“Dengan pembuatan video ini diharapkan bisa menginspirasi dan memantik bagi Satuan PAUD, orang tua/keluarga serta masyarakat dalam membangun budaya Senang Buku dan Senang Membaca,” ujar Edddy.

Ditambahkannya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pondasi dalam membentuk karakter anak – anak untuk melahirkan generasi emas di masa depan. Karakter anak bisa terbentuk bukan hanya jasmani tetapi juga rohani. Disinilah peran serta orang tua dan guru ataupun para tutor untuk membekali mereka ilmu pengetahuan keterampilan dan kecerdasan.

“Hari ini adalah upaya kita semua untuk membangun literasi anak-anak. Sehingga dengan interaksi mampu mendorong keterampilan kecerdasannya. Kita melatih, mengajarkan kepada anak anak ini, bagaimana mencintai hal penting dalam hidupnya yaitu membaca buku,” jelas Eddy.

Selanjutnya Eddy Berutu mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan dukungan pemerintah Kabupaten Dairi terhadap pengembangan tumbuh kembang anak diperlukan perhatian penting dari Dinas terkait untuk bisa berkolaborasi meningkatkan pelayanan kepada anak anak.

“Diantaranya Pembangunan perpustakaan di Kabupaten Dairi, yang saat ini dalam proses. Diharapkan nantinya gedung tersebut bisa menambah minat baca masyarakat. Perpustakaan ini akan menjadi pusat interaksi, yang menyediakan buku fisik, buku digital, ruang literasi, ruang interaksi, dan menjadi silabus pertemuan masyarakat. Mudah mudahan ini dapat meningkatkan semangat membaca yang luar biasa.” terang Eddy.

“Kita juga bersyukur mendapatkan BKB KIT ini, Saya berpesan gunakanlah sebaik baik mungkin, dirawat sehingga bisa bermanfaat, karena yang menjadi fokus perhatian kita adalah anak anak ini. Kepada para Guru dan tutor termasuk orang tua, berikanlah mereka (anak anak itu) pengalaman, berinteraksilah dengan mereka”. tambahnya.

Bunda PAUD Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu dalam sambutannya menyampaikan Pokja Bunda PAUD Bercerita yang melibatkan OPD terkait yang hari ini telah terlaksana dengan baik termasuk pemberian BKB KIT Stunting oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kepada 10 PAUD merupakan bentuk dukungan penuh dalam mewujudkan pembangunan sumber daya manusia yang merupakan salah satu program prioritas nasional dan daerah dalam menciptakan sumber daya manusia yang cerdas dan sehat dan berdaya saing.

“Kita berharap bahwa video bunda PAUD bercerita ini akan memberikan contoh bagi anak anak Satuan PAUD, orang tua dan masyarakat akan arti pentingnya menanamkan budaya senang membaca sejak usia dini,” ujar Romy.

Lebih lanjut ia menyampaikan kedepannya rencana kegiatan yang akan dilakukan setelah Penyerahan BKB KIT dan Video Bunda PAUD bercerita adalah kolaborasi dengan Pokja Bunda PAUD Kecamatan, Desa/Kelurahan. Kemudian Monitoring dan evaluasi hasil kegiatan yang telah dilaksanakan.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun pemahaman kita bersama tentang pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD) dan juga pengembangan kemampuan anak anak. Dari data yang saya dapatkan, banyak Desa di Kabupaten Dairi juga masih belum memiliki PAUD, untuk itu kita sudah diskusikan dengan Bapak Bupati, kita doakan mudah mudahan di tahun yang akan datang, semua desa-desa itu mempunyai PAUD”. pungkas Romy.

Disela-sela kegiatan ini Bunda PAUD tampak berinteraksi langsung dengan anak-anak PAUD dari 10 PAUD binaan keluarga balita PAUD HI dengan bercerita kepada anak-anak tersebut. Dirinya juga melihat langsung simulasi BKB KIT Stunting yang dilakukan dalam acara tersebut.

Hadir dalam kegiatan Pokja Bunda Paud Bercerita ini, Kepala Dinas Pendidikan Johny W Purba, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Rotua Panjaitan, Kepala Dinas Pemerintahan dan Desa Junihardi Siregar, Kepala Perpustakaan Dairi Fatimah Boangmanalu, Camat Sidikalang Robot Simanullang, serta Satuan PAUD.(®)