Beranda FAKTA & PERISTIWA Bupati Dairi Inginkan Secara efektif Membangkitkan Ekonomi Di Desa

Bupati Dairi Inginkan Secara efektif Membangkitkan Ekonomi Di Desa

BERBAGI

Buser24jam.com, Sidikalang (Sumut) – Kunjungan kerja(Kunker) Bupati dairi Dr. Eddy K. A Berutu ke Kecamatan Tanah Pinem, Selasa (19/01/2021).

Kunjungan Bupati, diterima Camat Tanah Pinem Sion Sembiring beserta jajaran, para kepala desa dan aparat. Juga dilakukan ke SMPN 1 Kunjungan Tanah Pinem, Puskesmas Tanah Pinem, dan meninjau proyek perbaikan jalan jurusan Lau Menciho – Kampung Jawa Seberang dengan hangat.

“Di kesempatan itu Bupati Dairi mengatakan, pengelolaan anggaran harus dikonsolidasikan secara bersama dan dalam menyusun perencanaan juga harus sesuai visi Pemerintah Kabupaten Dairi mewujudkan Dairi yang Unggul,” ungkapnya.

Disamping itu, Anggaran Desa sebagian sudah dialokasikan untuk pembagian bantuan langsung tunai (BLT). Selanjutnya melakukan pemulihan ekonomi nasional (PEN) pemulihan ekonomi di desa.

Desa harus bangkit ekonominya di tengah pandemi Covid-19 ini.
“Kata Bupati Dairi Cara efektif membangkitkan ekonomi di desa ini, adalah dengan membina BUMDES yang telah ada dan membentuk BUMDES yang belum ada di Desa. Setiap Desa harus memiliki produk unggulan yang harus dikembangkan dalam rangka program pemulihan ekonomi nasional, pemulihan ekonomi di Desa. Kemudian pembayaran gaji aparat desa dilakukan secara non tunai.

Pembayaran cara non tunai ini juga merupakan salah satu program wujud Pemerintah Kabupaten Dairi yakni Desa Digital,”tegasnya
Camat dan Kepala Desa membantu membentuk Forum Komunikasi Desa Unggul yang terdiri dari beberapa hal yang terkait untuk memudahkan koordinasi dalam menjalankan program pembangunan di setiap desa. (MRS)