Beranda Uncategorized Bupati Dairi Buka Roadshow Dairi Siap Digital Yang Diselenggarakan Oleh DANA Indonesia

Bupati Dairi Buka Roadshow Dairi Siap Digital Yang Diselenggarakan Oleh DANA Indonesia

BERBAGI

Buser24jam.com, Dairi (Sumut) – Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu membuka Roadshow Dairi Siap Digital yang diselenggarakan oleh DANA Indonesia, Rabu (17/02/21) di Balai Budaya Sidikalang.

Kegiatan tersebut turut hadiri, Deputi Direktur kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, Poltak Sitanggang, Asisten manager kantor perwakilam BI , Ikhsan Fauzy, Chief people dan corporate strategi officer DANA Indonesia, Agustina Samara, Kepala Hubungan Pemerintahan DANA Indonesia, Reancy dan pelaku UMKM Kabupaten Dairi.

Dalam sambutnya, Bupati mengucapkan terimaksih kepada PT. Espay Debit Indonesia Koe sebagai operator dompet digital Indonesia DANA yang sudah melaksanakan acara ini dalam menginisiasi langkah untuk menjembatani masyarakat, khususnya UMKM beralih ke ranah digital.

Disampaikan Eddy, Digitalisasi adalah satu satu cara untuk mengejar ketertinggalan yang ada karena dengan adanya Digitalisasi akan mempermudah transaksi dan mendorong memperkuat ekonomi masyarakat.

“Digitalisasi adalah salah satu cara kita untuk mengejar ketertinggalan. Untuk itu, Saya mengharapkan DANA Indonesia dapat melakukan strategi seperti memberikan fasilitas akun, serta melakukan promosi usaha kepada UMKM. Sehingga melalui fitur DANA bisnis secara tidak langsung masyarakat maupun pelaku usaha telah mendukung keberadaan QRIS. Selain itu, saya juga berharap dalam mempertahankan keberadaan UMKM kedepan, DANA akan memberikan pelatihan khusus kepada pelaku UMKM berupa pelatihan terkait digital Marketing, Branding, Packaging dan penggunaan sosial media,” ujarnya.

Sambungnya, Eddy memaparkan bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menyongsong era digitalisasi sudah membuat berbagai kebijakan pelayanan kepada masyarakat yaitu penggunaan aplikasi seperti Online Single Submission (OSS) untuk pelayanan perizinan, pelayanan administrasi kependudukan berbasis online (Perkebbas), Buku Digital untuk layanan perpustakaan online, Web Pasar BRI dimana masyarakat (Konsumen) melakukan pemesanan langsung dan pembayaran secara transfer melalui QRIS (Non Tunai) serta barang belanjaan diantar langsung kerumah pelanggan/pembeli melalui Ojek Kita.

“Platform Visit Dairi juga dibuat khusus untuk para wisatawan individu yang ingin mengeksplor atau menentukan sendiri langsung melalui Platform tersebut. Dan nantinya akan banyak terobosan-terobosan lain melalui aplikasi digital untuk meningkatkan pelayanan Pemerintah Dairi kepada masyarakat,” terangnya

Selanjutnya, Chief people dan corporate strategi officer DANA Indonesia, Agustina Samara menyampaikan DANA Indonesia dirancang untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi keuangan. Disampaikannya, DANA Indonesia juga mendorong penggunaan transaksi dari Tunai menjadi Non Tunai.

“Dengan memakai DANA, dimanapun transaksi dapat dilakukan dan tidak menghabiskan banyak waktu sehingga sangat mendukung dan menguntungkan para pelaku UMKM. Selain itu, program ini juga sudah gerakan Nasional yang mau tidak mau harus kita ikuti karena Digitalisasi akan berkembang terus,” jelasnya. (Mrs)