Beranda FAKTA & PERISTIWA BP-JHC Bersama BKB Provinsi Sumut Gelar Pengobatan Gratis Di Kabupaten Dairi

BP-JHC Bersama BKB Provinsi Sumut Gelar Pengobatan Gratis Di Kabupaten Dairi

BERBAGI

Dairi (Sumut), Buser24jam.com – Badan Pekerja Joint Healt Council (BP-JHC) bersama Satgas Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) menggelar pengobatan gratis.

Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan di Puskesmas Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Rabu (29/06/22).

Sekretaris pelaksana BKB Provsu, Swandi Simanjuntak SKM, Mkes mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari. Untuk layanan kesehatan gratis yang akan diberikan, yakni Sunat Massal, Operasi Bibir Sumbing dan Pengobatan Khusus Penyakit Dalam.

“Ada jumlah pada sunat massal sebanyak 120 orang, operasi bibir sumbing 3 orang, sedangkan pengobatan gratis penyakit dalam 60 orang,”sebut Swandi.

Kegiatan yang sama juga sudah pernah dilakukan sejak dua tahun lalu. Di tahun 2022 ini, Kabupaten Dairi merupakan kabupaten ke 16 di Sumut yang mendapat pelayanan.

“Kami berharap warga Sumut secara keseluruhan akan semakin sehat dan tidak ada lagi warga yang mengalami bibir sumbing,” harap Swandi.

P, Kudadiri, salah seorang warga yang datang memeriksakan kesehatannya merasa senang dan terbantu atas kehadiran tim BKB keliling.

“Kami warga di sini merasa bangga dan terbantu atas pemberian layanan kesehatan bagi kami, terlebih di desa kami ini,”papar Kudadiri.

Harapan masyarakat layanan ini bisa sering dilakukan, agar kesehatan warga khususnya yang ekonomi lemah lebih tetap terjaga.

“Saya sebagai warga tentu senang dengan layanan kesehatan gratis ini, karena sangat membantu,”ucap Kudadiri.

Dituturkn Kudadiri, sekarang ini banyak warga yang enggan memeriksakan kesehatannya karena alasan takut biaya besar.

“Jadi dengan layanan kesehatan gratis ini, pasti warga sangat senang. Kalau bisa, layanan kesehatan seperti ini bisa semakin sering diadakan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir Kepala Dinas Kesehatan Dairi Dr Henry Manik serta mewakili Bupati, Sekretaris dan Kabid Dinkes, Camat Sitinjo Simon Toni Malau, para Ka Puskesmas, Babhinsa dan Babhinkamtibmas serta Kepala Desa. (Mr)