Beranda SOSIAL BUDAYA Arwan Aras Gelar Sosialisasi 4 Pilar, Ini Pesannya Kepada Generasi Muda

Arwan Aras Gelar Sosialisasi 4 Pilar, Ini Pesannya Kepada Generasi Muda

BERBAGI

Buser24jam.com, Kota Mamuju (Sulbar)– Anggota DPR RI asal Sulawesi Barat, H. Arwan M Aras T, kembali menggelar sosialisasi 4 Pilar MPR RI sekaligus dirangkaikan dengan buka puasa bersama.

Kegiatan yang berlangsung di Cafe NAL pelataran Rumah Adat Mamuju, Jumat (16/4/2021) ini dihadiri lebih seratus peserta dari berbagai kalangan.

Hadir juga sebagai narasumber Dr. Rahmat Idrus, selaku akademisi sekaligus salah seorang advokat ternama di Sulawesi Barat.

Dalam sambutannya, Anggota DPR RI H. Arwan M Aras tak lupa menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas antusiasme para peserta, meskipun dalam kondisi sedang menjalani puasa ramadhan.

Arwan menyebut sosialisasi 4 Pilar, yakni Pancasila sebagai ideologi Negara, Undang-undang Dasar 1945 sebagai konstitusi, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara harus terus digalakkan.

“Terutama bagi generasi seperti pemuda dan mahasiswa. Sebab tantangan kita kian besar kedepannya di tengah arus informasi dan teknologi yang kian maju. Sehingga pemahaman dan impelementasi 4 Pilar ini sangat penting,” jelas Arwan.

Arwan Aras juga sempat menyinggung dua hal yang sempat trending dan viral di Indonesia. Pertama persoalan bencana, khususnya gempa bumi yang melanda Sulawesi Barat pada pertengahan Januari 2021 lalu.

Kedua, persoalan intoleransi atau kasus bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) akhir Maret lalu.

“Khusus untuk kasus intoleransi harus kita kikis. Kita semua tidak boleh membiarkan ini terjadi di Sulbar. Mereka para pelaku intoleransi itu dangkal pengetahuan agamanya. Mereka tidak memahami bagaimana berkehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Arwan.

“Begitupun soal bencana. Harus membuat kita kuat, dan mari terus kita bergotong royong membangun kembali daerah ini secara bersama-sama setelah bencana gempa,” tambah politisi muda PDI Perjuangan itu.Arwan juga berharap kepada segenap generasi muda agar terus menjaga persatuan, persaudaraan dan kebersaman dalam berbagai aspek kehidupan sebagai bagian dari spirit 4 Pilar berbangsa dan bernegara.

“Olehnya itu bagaimana kita semua berperan untuk tetap menjaga toleransi, kebersamaan, persatuan dan persaudaraan kita sesama anak bangsa. Dengan begitu, maka daerah yang kita cintai akan semakin aman dan damai,” ujar Arwan yang juga Ketua Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan Sulbar itu.

Setelah sambutan, dilanjutkan dengan paparan materi dari narasumber, Dr. Rahmat Idrus. Setelah itu, para peserta diberi kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan.

Sosialisasi 4 Pilar ini berakhir sekira pukul 18.06 Wita, lalu dilanjutkan dengan buka puasa bersama.(AS)