Beranda HEADLINE Aparatur Desa Diduga Tak Netral, Aneh, Panwas Pilkades Tarai Bangun Mengaku tak...

Aparatur Desa Diduga Tak Netral, Aneh, Panwas Pilkades Tarai Bangun Mengaku tak Tahu Aturan

BERBAGI

KAMPAR,(Buser24jam.com) – Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Kepala Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, hingga saat ini meggaku tak tahu seperti apa aturan pengawasan terhadap oknum yang ikut serta sebagai tim sukses atau pendukung salah satu calon kepala desa.

Hal tersebut terkait informasi masyarakat yang menduga adanya oknum yang ikut mendukung dan menjadi salah satu tim sukses calon incumben kepala desa Tarai Bangun.

“Memang kita sudah mendengar adanya oknum perangkat desa, yakni RW yang ikut serta mendukung salah satu calon. Namun kita belum tahu aturannya seperti apa, kita juga belum melakukan teguran,” kata Mardius, Ketua Panwas Pilkades tarai Bangun kepada jejakriau.co, Senin (25/10/2021).

Namun pihak panitia dan pengawas sebutnya akan mencatat oknum-oknum perangkat desa yang ikut sebagai mendukung dan menjadi tim sukses tersebut, untuk selanjutnya tidak dimasukkan sebagai panitia pemungutan suara.

Demikian juga ketika ditanya seperti apa aturan berkampanye dan dukungan terhadap salah satu calon di media sosial, Mardius juga mengaku tak faham. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi ke tingkat pengawas yang lebih tinggi terkait masalah ini.

Sebelumnya, Mardius mengaku akan memberikan teguran jika ada laporan dari masyarakat. “Teguran pertama yakni secara lisan, kedua dan selanjutnya teguran dilakukan secara tertulis,” papar Mardius.

Dia juga menekankan bahwa sebagai aparatur desa harus bersikap netral dalam Pilkades ini, yakni tidak berpihak ke calon manapun.

Seperti diketahui, dari empat orang yang maju sebagai calon Kades Tarai Bangun, satu di antaranya merupakan incumben. Disinyalir kuat salah seorang oknum RW memberikan dukungan secara terang-terangan di media sosial Whatsapp terhadap calon tersebut.

Bahkan, hasil tangkapan layar dari Whatsapp Group yang diterima jejakriau, ada warga yang menegur. Namun kejadian yang sama kembali berulang dilakukan oknum RW itu. Sementara Panwas Pilkades Tarai Bangun belum melakukan tindakan apapun.***(Yuli)