Beranda FAKTA & PERISTIWA Angin Kencang Disertai Hujan Lebat Pohon Pinus Di SMAN 1 Sidikalang Tumbang

Angin Kencang Disertai Hujan Lebat Pohon Pinus Di SMAN 1 Sidikalang Tumbang

BERBAGI

Buser24jam.com, Sidikalang (Sumut) – Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di Kota Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Selasa sore, sekitar pukul 15.05 Wib mengakibatkan sebatang pohon pinus tua besar di halaman belakang SMA N1 Sidikalang tumbang, Selasa (02/03/21)

Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa atau kerusakan barang. Akibat pohon tumbang yang melintang di tengah jalan mengakibatkan arus lalu lintas ditutup sementara. Kendaraan yang melintas terpaksa memutar arah atau mencari alternatif lain menuju Kota Sidikalang.

Tidak berselang lama, Tim evakuasi terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Camat Sidikalang tiba dilapangan.

Namun tim harus berhati-hati bekerja, pasalnya kabel tiang listrik tertimpa pohon dan mengakibatkan jaringan listrik putus demikian juga dengan jaringan kabel tetepon.Tim dengan sigap memotong batang pohon dengan menggunakan alat chain shaw dan parang.

Kadis Lingkungan Hidup, Amper Nainggolan didampingi Sekretaris, Maruli Tua Sinaga kepada mengatakan pohon tumbang akibat angin kencang disertai hujan lebat sekitar pukul 15.00 WIB. Ia menjelaskan tidak ada korban jiwa akibat pohon tumbang.

“Hujannya sebentar saja akan tetapi disertai angin kencang. Pohon mungkin sudah tua dan gampang tumbang. Beruntung tidak menimpa ruang kelas SMA N 1 Sidikalang. Satu jam ke depan jika cuaca membaik, kemungkinan lalu lintas sudah bisa lancar lagi,” jelas Amper

Pantauan di lapangan, kondisi langit Sidikalang masih berawan tebal dan berpotensi hujan kembali. Sementara Camat dan Tim BPBD dan Lingkungan Hidup berupaya memindahkan batang pohon ke tepi jalan agar pengendara roda dua bisa lewat.

“Untuk roda empat belum bisa lewat dan harus memutar arah, tapi untuk sepeda motor silakan lewat dan berhati-hati pak,” ujar salah seorang tim BPBD.(Mrs)